seputarpapua.com

Kepolisian di Mimika Antisipasi Pergerakan Kelompok Garis Keras

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Kapolres Mimika, Papua, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyikapi aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di pintu gerbang Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu, 28 Maret 2021.

Terkait hal itu, Polres Mimika bersama pihak terkait akan berupaya melakukan antisipasi guna menghindari adanya aksi teror maupun pergerakan dari kelompok-kelompok garis keras.

Tidak dipungkiri bahwa Mimika pernah disinggahi oleh kelompok-kelompok tersebut, namun Polres Mimika bekerjasama Densus 88 berhasil mengamankan pelakunya.

“Kita masih tetap pantau, mudah-mudahan dengan kerjasama para pihak, situasi Mimika tetap aman dari gangguan aksi teror. Namun kita tidak bisa gegabah merasa aman, tetap kita selalu waspada,” kata Kapolres, Senin (29/3/2021), di Mapolres Mimika.

Polres Mimika pun akan berkoordinasi bersama para pihak, terkait peristiwa yang terjadi di Makassar. Seperti misalnya akan melakukan pertemuan dengan FKUB dan melibatkan unsur TNI dari Kodim maupun Pemkab Mimika.

Bahkan menjelang Paskah di Mimika, Polres bersama satuan-satuan yang ada akan melakukan pengamanan, begitu juga akan melibatkan organisasi masyarakat (ormas) peduli keamanan.

Pola pengamanan akan dilakukan secara terbuka maupun tertutup, dan tentunya juga akan melibatkan pihak gereja untuk mendeteksi jemaat yang mengikuti ibadah di gereja masing-masing.

“Intinya saya selaku Kapolres memahami, Mimika memang saat ini situasi kondusif terkait dengan teror. Namun kita tidak pungkiri bahwa Mimika pernah menjadi tempat persinggahan kelompok-kelompok garis keras tersebut,” ungkap Kapolres.

“Dengan kuantitas jumlah personel yang sangat minim, tentunya membutuhkan peran serta dari masyarakat,” pungkasnya.

 

Reporter: Saldi
Editor: Aditra
Berita Terkait
Baca Juga