Kepsek Akui Siswa Lebih Berkualitas saat Belajar Tatap Muka di Sekolah

SISWA | Aktifitas siswa di SMK Negeri 3 Mimika. (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)
SISWA | Aktifitas siswa di SMK Negeri 3 Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala SMK Negeri 3 Mimika, John Lemauk, mengatakan siswa lebih berkualitas saat belajar tatap muka di sekolah dibandingkan belajar dari rumah atau daring.

Sejak 8 Januari 2022 pasca masa libur Natal dan tahun baru, siswa-siswi di SMK Negeri 3 sudah melaksanakan belajar tatap muka di sekolah.

John menyebut tatap muka dilakukan bertahap mulai dari 50 persen, 75 persen dan sekarang sudah 100 persen siswa belajar tatap muka di sekolah.

Proses belajar tatap muka saat ini tetap mengacu pada peraturan terkait penerapan protokol kesehatan ketat dari tim pokja sekolah.

“Dalam kelas, diluar kelas, siswa datang sampai pulang tetap pakai masker,” kata John saat diwawancara di ruang kerjanya, Jumat (28/1/2022).

Sejak dua tahun terakhir siswa sudah mengikuti belajar dari rumah secara online, ini tentu berpengaruh pada kualitas siswa.

Menurutnya, belajar dari rumah dan belajar tatap muka di sekolah tentu berbeda dampaknya bagi siswa terutama pengetahuannya.

“Jelas beda pengetahuan anak-anak yang online dan tatap muka di sekolah,,” ucapnya.

Dikatakan, saat belajar online dari rumah hanya sekitar 25 persen yang mengikuti pelajaran. Di awal-awal proses belajar online memang banyak yang hadir.

Menurutnya, hal ini wajar karena dua tahun bukan waktu singkat untuk anak-anak bisa melaksanakan belajar dari rumah.

“Di satu sisi anak tidak berkualitas dalam pendidikan, di satu sisi anak-anak perlu dibantu atau bisa dibilang memanjakan anak,” kata dia.

“Tidak maksimal bisa naik kelas, tidak maksimal bisa lulus ujian, ada anak yang tidak belajar juga tetap lulus ,naik kelas karena perintah dari atas,” pungkasnya.

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.