Kerugian Akibat Bencana di Kota Jayapura Ditaksir Mencapai Rp 50 Miliar

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru. (Foto: Adi/Seputarpapua)
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru. (Foto: Adi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua menaksir kerugian akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di wilayah itu ditaksir mencapai Rp50 miliar.

Jumlah itu berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura.

“Itu terdiri dari harta benda, rumah dan kendaraan roda dua yang terendam banjir akibat intensitas hujan yang tinggi terjadi kamis 6 Januari lalu,” kata Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, Kamis (13/1)

Rustan menyebutkan, terdapat peningkatan jumlah warga yang terdampak banjir hingga saat ini menjadi 19.327 orang. Namun ada sebagian besar warga memilih untuk tidak mengungsi akibat masalah keamanan.

“Data ini masih akan terus meningkat agar menjadi perhatian pemerintah. Sebagian besar warga memilih untuk tidak mengungsi akibat masalah keamanan,” ujarnya.

Saat ini Pemkot Jayapura masih menetapkan status tanggap darurat bencana alam akibat peristiwa bencana yang merenggut tujuh korban jiwa.

“Saat ini kami tengah berupaya bersama TNI-Polri untuk melakukan pembersihan lingkungan terdampak banjir dan juga perbaikan drainase guna mengantisipasi curah hujan yang ekstrem  yang diperkirakan masih akan terus terjadi hingga Februari mendatang,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Adi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.