Kerusuhan di Yahukimo, Korban Tewas Bertambah 6 Orang dan 41 Luka-luka

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. (Foto: Humas Polda Papua)
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Polda Papua menyampaikan data terakhir terkait kerusuhan di Kabupaten Yahukimo, Papua, pada Minggu 3 Oktober 2021. Jumlah korban tewas bertambah menjadi 6 orang dan luka-luka 41 orang.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Bidang Humas Polda Papua, Minggu malam, sebelumnya satu orang dilaporkan tewas dan 10 orang luka-luka setelah sekelompok masyarakat Kimyal menyerang masyarakat Yali.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya mengatakan, para korban tewas saat ini disemayamkan di RSUD Dekai, satu dari 6 korban tewas merupakan pelaku penyerangan.

“41 orang sementara masih mendapat penanganan medis di RS Yahukimo,” katanya.

Atas peristiwa ini, Kamal juga mengatakan ada sekitar kurang lebih 1.000 orang dewasa maupun anak-anak mengamankan diri di Mapolres Yahukimo.

Pasca peristiwa penyerangan oleh kelompok masyarakat Kimyal hingga pembakaran gedung dan rumah warga, aparat gabungan TNI-Polri terus melakukan patroli hingga ke pinggiran kota guna menciptakan situasi Yahukimo kembali kondusif.

Peristiwa penyerangan itu terjadi akibat informasi yang tidak jelas terkait meninggalnya mantan bupati Yahukimo, Abock Busup di Jakarta. Hal itu menyebabkan kemarahan masyarakat Kimyal dan melakukan penyerangan terhadap masyarakat Yali hingga membuat situasi di wilayah itu mencekam.

reporter : Saldi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.