Ketua DPRD: Dinas Pendidikan Harus Awasi Sekolah Negeri di Timika Soal Pendaftaran Siswa

Ketua DPRD Mimika, Robby K. Omaleng. (Foto: Anya Fatma/SP)
Ketua DPRD Mimika, Robby K. Omaleng. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Ketua DPRD Mimika Robby Kamaniel Omaleng mengingatkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika untuk mengawasi proses pendaftaran siswa baru terutama bagi sekolah negeri.

Katanya, pengawas dari Dinas Pendidikan yang melakukan pengawasan di sekolah bertujuan untuk menghilangkan beban yang akan ditanggung orang tua yang ingin memasukkan anaknya di sekolah negeri mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA.

Hal ini dikatakan karena saat ini beredar informasi bahwa ada sekolah negeri yang memungut biaya pendaftaran siswa baru.

“Jika informasi ini benar terjadi, maka Dinas Pendidikan harus mengawasi dan memberikan peringatan kepada sekolah-sekolah memungut biaya tersebut, karena itu termasuk pungutan liar,” katanya di Kantor DPRD Mimika, Senin (15/6).

Padahal kata dia, Dinas Pendidikan telah menegaskan bahwa biaya pendaftaran siswa baru di sekolah negeri gratis.

Kalaupun ada yang melakukan pungutan, seharusnya ada kesepakatan bersama semua pihak mulai dari sekolah, pengawas hingga orang tua yang ditunjukkan dalam bentuk surat yang menjelaskan tujuan dari pungutan itu sendiri.

“Itupun tidak serta merta dilakukan sendiri oleh sekolah terkait, tapi harus ada koordinasi bersama dinas,” kata Robby.

Menurutnya, sekolah negeri tidak diperbolehkan mengambil kebijakan sendiri terkait dengan pungutan biaya, hal ini karena sekolah negeri merupakan tanggungan pemerintah.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar