Keuskupan Timika Pastikan Rufinus Pewarta Gereja Katolik, Aparat: Dia Anggota KKB

Anggota polisi menggendong seorang anak yang mengalami luka tembak. Foto: ist
Anggota polisi menggendong seorang anak yang mengalami luka tembak. (Foto: Ist)

AGATS | Insiden penembakan di Kampung Jalae, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, menewaskan Rufinus Tigau dan melukai seorang anak bernama Herman Kobogau, Senin (26/10/2020).

Keuskupan Timika menegaskan Rufinus Tigau adalah Katekis yang bekerja di Gereja Katolik stasi Jalae, Paroki Santo Michaelel Bilogai – Sugapa, dimana daerah itu masuk dalam wilayah Keuskupan Timika.

Administrator Diosesan Keuskupan Timika Pastor Marthen Kuayo mengatakan, Rufinus telah bekerja sebagai Katekis di Paroki Santo Michaelel Bilogai sejak tahun 2015.

“Rufinus dilantik sebagai Katekis oleh Pastor Paroki Santo Michaelel Bilogai, Pastor Yustinus Rahangier Pr menggantikan Katekis yang meninggal, Bapak Frans Wandagau,” katanya dalam siaran pers, Selasa (27/10).

Pastor Marthen menerangkan, Rufinus membantu Pastor di Paroki Jalae karena Pastor yang bertugas di sana bukan orang lokal sehingga tidak memahami bahasa setempat, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan konteks budaya lokal.

Sebelum penembakan Rufinus, seorang Katekis di Gereja Stasi Emondi, Agustinus Duwitau yang dilantik setelah pelantikan Rufinus, juga ditembak oleh aparat keamanan pada tanggal 7 Oktober 2020.

IKLAN-TENGAH-berita

“Agustinus ditembaki dalam perjalanan ke Emondi. Saat ini Agustinus masih menjalani perawatan karena luka tembak yang dialaminya,” kata Pastor Marthen.

Ia mengatakan, Paroki atau gereja selalu butuh orang yang punya latar belakang pendidikan atau bisa baca tulis untuk menjadi pewarta seperti Rufinus. Dalam ibadah setiap minggu, pewarta juga berdiri di depan mimbar bersama dengan pastor.

“Karena pastor baca Alkitab dan khotbah dalam bahasa Indonesia, pewarta langsung menterjemahkan lisan dalam bahasa lokal, agar umat yang tidak mengerti bahasa Indonesia bisa paham dan ikut ibadah,” tuturnya.

Prev1 of 4

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar