Kickoff Papua Menuju Provinsi Olahraga,: Salah Satu Mimpi Besar Gubernur

Suasana Pemaparan Provinsi Olahraga. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Suasana Pemaparan Provinsi Olahraga. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Kickoff Papua menuju Provinsi Olahraga resmi dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua Alexander Kapisa, Selasa (26/4/2022) di Kota Jayapura.

“Ini salah satu mimpi besar dari Pak Gubernur saat ini adalah kita harus jadi Provinsi Olahraga. Dengan memanfaatkan venue-venue yang ada ini, kemudian kita bicara olahraga untuk prestasi, kontribusi bagi bangsa dan negara ini, itu jelas bagaimana keterlibatan anak-anak Papua di dalam ini daripada kita bicara hal-hal lain,” kata Alexander Kapisa.

Kata Alex, ditetapkan Papua sebagai provinsi olahraga bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai aspek.

“Jadi secara akademik pun, kami sudah bekerjasama dengan teman-teman dari fakultas ilmu keolahragaan Uncen, mereka sudah menyiapkan roadmap-nya Papua menuju Provinsi Olahraga. Karena Papua bisa ditetapkan sebagai Provinsi Olahraga, kita bisa dapatkan benefit atau manfaat yang banyak sekali,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya sudah merencanakan untuk membuat aturan atau regulasi yang memperkuat Papua menuju Provinsi Olahraga.

“Jadi event-event sekelas Internasional kita bisa laksanakan di Papua baik itu pelatnas, pelatda juga bisa kita lakukan di Papua. Kita membutuhkan payung hukum untuk melakukan itu. Jadi kalau kita hanya merencanakan-merencanakan saja tanpa menjustifikasi Papua sebagai Provinsi Olahraga, itu tidak akan berjalan dengan baik,” tuturnya.

“Karena selalu orang akan berpikir Papua itu jauh jaraknya, tidak usah di Papua cukup kita di sini saja. Dalam konteks Papua sebagai Provinsi Olahraga, semua bisa kita tarik ke sini, itu kuncinya. Jadi mari kita kawal isu besar ini supaya bisa menjadi kenyataan,” tambahnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.