seputarpapua.com

KKB Kembali Berulah, Bakar Gedung SD dan Puskesmas di Ilaga

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Lokasi pembakaran gedung SD Inpres Mayuberi. (Foto: Humas Polda Papua)
Lokasi pembakaran gedung SD Inpres Mayuberi. (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, kembali melakukan aksinya membakar gedung sekolah, puskesmas, rumah dinas guru dan merusak fasilitas jalan di Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara, pada Minggu, 2 Mei 2021.

Berdasarkan keterangan dari Polda Papua yang diterima seputarpapua.com, Selasa (4/5/2021), kejadian itu baru diketahui setelah Kepala Distrik Ilaga Utara, Joni Elatotagam, mendatangi Polres Puncak melaporkan kejadian itu, Senin, 3 Mei 2021.

Fasilitas yang dibakar antara lain, gedung SD Inpres Mayuberi yang terdiri dari lima ruangan, rumah dinas guru dan gedung puskesmas lama yang saat ini dijadikan warga sebagai kios.

Selain itu, KKB juga diduga melakukan perusakan fasilitas jalan di tiga titik, yakni jalan Kimak, jalan Tagaloa dan jalan Wuloni (pintu angin).

Perusakan fasilitas dilakukan dengan cara menggali ruas jalan dengan kedalaman antara 25-40 cm.

Perusakan tersebut diduga dilakukan bertepatan dengan waktu pembakaran gedung SD dan puskesmas.

Bahkan, informasi yang diperoleh dari warga, saat aksi pembakaran dan perusakan terjadi, terlihat banyak simpatisan KKB yang dibagi menjadi beberapa kelompok ikut terlibat membantu aksi perusakan dan pembakaran.

“Saat kelompok pertama melakukan pembakaran puskesmas dan dilanjutkan membakar SD Mayuberi, kelompok lain bertugas merusak tiga titik jalan, jalan Mayuberi, jalan Kimak, jalan Wuloni dan kelompok yang bersenjata berada di pinggir jalan mengamankan simpatisan yang bekerja merusak fasilitas umum tersebut,” demikian isi keterangan yang disampaikan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Selasa dini hari.

Reporter: Saldi
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga