Klub Basket Andalan Mimika Melaju ke Babak Playoff IBL Tanpa Dukungan Sponsor, Freeport?

Salah satu pemain andalan NSH Mountain Gold Timika, Shavar Newkirk (4), saat beraksi dalam laga melawan Prawira Bandung. (Foto: IG nshmountaingold)
Salah satu pemain andalan NSH Mountain Gold Timika, Shavar Newkirk (4), saat beraksi dalam laga melawan Prawira Bandung. (Foto: IG nshmountaingold)

TIMIKA | NSH Mountain Gold Timika yang merupakan klub basket profesional kebanggaan masyarakat, Mimika, Papua akan berjuang dalam babak Play-off Liga Basket Indonesia (IBL) 2021-2022.

Keberhasilkan ini tanpa adanya dukungan dari sponsor. Padahal klub sangat membutuhkan sponsor untuk mengarungi liga basket paling bergengsi di negeri ini.

IBL sendiri dijadwalkan berlangsung pada tanggal 13 hingga 31 Agustus 2022 di Bandung, Jawa Barat.

Terkait dukungan sponsor, sebelumnya manajemen klub NSH Mountain Gold Timika sudah dua kali menyurat ke PT. Freeport Indonesia (PTFI) untuk memberikan dukungan, namun hingga kini belum ada jawaban.

Padahal dalam beberapa event, Freeport turut andil dalam pengembangan olahraga di Papua dengan memberikan dukungan pada industri sepakbola dengan mensponsori Persipura FC, Papua Football Academy, serta beberapa event olahraga lainnya.

Untuk itu, Freeport diharapkan juga dapat memberikan dukungan kepada klub NSH Mountain Gold Timika sebagai upaya untuk mendukung kemajuan industri basket di Timika, serta mengembangkan venue olahraga yang ada saat ini, seperti Mimika Sport Complex (MSC) sebagai home base klub dalam pagelaran event nasional.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung kemajuan industri olahraga di Kabupaten Mimika, khususnya olahraga bola basket. Hal ini lantaran klub NSH Mountain Gold membawa nama Timika dalam berlaga di kasta tertinggi liga basket Indonesia.

“Saya melihat saat ini di Timika ada venue-venue pasca PON, dan diharapkan bisa dipergunakaan untuk pertandingan skala nasional. Saya sebagai Bupati, mendorong perkembangan industri olahraga di Kabupaten Mimika, secara khusus bola basket,” kata Bupati Eltinus Omaleng dalam keterangannya yang diterima Seputarpapua.com, Jumat (15/7/2022).

Bupati juga menyampaikan, pengembangan olahraga bola basket merupakan bagian dari usaha-usaha untuk memberikan kebanggaan bagi masyarakat Timika, sebab telah memiliki klub basket professional yang berhasil tampil mengesankan dan berada di peringkat ke empat strata tertinggi Liga Basket Indonesia musim 2021-2022.

“NSH sudah kita akuisisi pada tanggal 6 Oktober 2020 di Hotel Mozza Timika, dan sudah mulai berkiprah di Liga Basket Indonesia (IBL) dengan nama NSH Mountain Gold sejak musim 2020 -2021. Dan pada tahun ke tiga, akan berubah nama menjadi Mountain Gold Timika,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Mimika, Aloisius Paerong menanggapinya bahwa, di Kabupaten Mimika selain PT Freeport Indonesia banyak juga perusahaan besar yang berkiprah. Hal ini patut menjadi kepedulian bagi perusahaan-perusahaan di daerah.

“Nah, sekarang bagaimana komunikasi antara dinas terkait dengan perusahaan-perusahaan untuk memberi perhatian terhadap industri olahraga yang ada di Timika. Kalau menurut saya, itu harus. Bukan lagi meminta pertimbangan, karena ini bukan hal yang salah kalau itu dilakukan,” katanya.

Meski manajemen klub telah dua kali menyurat ke Freeport namun belum mendapatkan jawaban, menurut dia, itu bukan berarti Freeport menolak. Itulah pentingnya peran dari dinas terkait memberikan informasi terkait cabang-cabang olahraga yang perlu dibina.

“Inilah tujuannya, pemerintah setempat bagaimana memberikan informasi kepada perusahaan-perusahaan tentang cabang-cabang olahraga yang memang harus dibina dari awal agar bisa mencapai prestasi ditingkat nasional. Ini harus di komunikasikan,” jelasnya.

“Jadi, itu masalah komunikasi saja, tidak ada istilah tidak mau (sponsori) menurut saya, itu mungkin hanya belum. Pastikan bahwa memang mereka sudah meminta bantuan kesana,” pungkasnya.

 

reporter : Saldi
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.