Komisi IX DPR RI Adakan Pertemuan dengan Pj Gubernur Papua Tengah

Komisi IX DPR RI lakukan pertemuan dengan Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk dan Bupati se-Papua Tengah dalam agenda reses, Jumat (14/4/2023), di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)
Komisi IX DPR RI lakukan pertemuan dengan Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk dan Bupati se-Papua Tengah dalam agenda reses, Jumat (14/4/2023), di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dalam rangka kunjungan reses mengadakan pertemuan dengan Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah Ribka Haluk, Jum’at (14/4/2023), bertempat di Hotel Swiss Bell-Inn, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Pj Gubernur Ribka Haluk mengatakan, pertemuan dilaksanakan untuk membahas tentang pelayanan publik dibidang kesehatan dan bidang lainnya yang menjadi kewenangan Komisi IX DPR RI di Provinsi Papua Tengah.

“Terkait dengan detail informasi soal bidang kesehatan dan apa yang akan dibahas, akan disampaikan oleh kepala dinas masing-masing,” ujarnya.

Lanjut Ribka, kesehatan merupakan salah satu program prioritas dirinya usai dilantik oleh Presiden Republik Indonesia dan 6 bulan lalu setelah adanya pemekaran provinsi.

“Kami punya grand design (rencana) akan ada tiga rumah sakit rujukan di Papua Tengah. Kami juga akan menyiapkan Kartu Sehat Papua Tengah (KSPT) yang mungkin dalam bulan ini akan diluncurkan,” ungkapnya.

Ribka mengaku saat ini pihaknya juga sedang dalam diskusi dengan Rumah Sakit Dok II Jayapura untuk melakukan perjanjian kerjasama (PKS), sembari menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan di Papua Tengah.

Bahkan saat ini pihaknya sedang menyiapkan lahan seluas 300 hektare untuk membangun, diantaranya kantor Gubernur, kantor DPRP-MRP, dan Rumah Sakit.

“Kami juga sudah langsung ketemu dengan menteri kesehatan dan bersedia untuk membantu kami untuk membangun sarana rumah sakit itu. Kami hanya diminta untuk menyediakan lahan, prosesnya sudah sampai di tim apraisal. Mungkin dalam waktu dekat sekitar bulan Mei, mungkin sudah bisa selesai,” katanya.

Jika tidak halangan, nantinya gedung rumah sakit Provinsi Papua Tengah rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Juli 2023.

Ribka berharap kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena yang hadir bersama dengan anggota Komisi IX lainnya, dapat menyampaikan kepada menteri kesehatan perihal bantuan Rumah Sakit Provinsi Papua Tengah tersebut.

Sementara Wakil Ketua Komisi IX DPRI Emanuel Melkiades Laka Lena yang bertindak sebagai moderator kegiatan reses tersebut, mengatakan bahwa rapat yang dilakukan di Mimika setara dengan rapat kerja di Jakarta.

“Rapat yang kita lakukan semacam ini itu adalah seperti rapat kerja di Jakarta, jadi kita hanya pindah tempat. Keputusannya itu mengikat dan hasilnya akan kami jadikan rekomendasi buat kementerian dan semua pihak terkait lain,” kata Emanuel.

Advertisements

Ia juga menyebut pihaknya hadir di Papua Tengah untuk melakukan fungsi mereka, yaitu sebagai pengawas dan menyerap aspirasi dari daerah terkait berbagai bidang yang mereka tangani, yakni kesehatan, BPOM, BPJS Kesehatan, Tenaga Kerja, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2MI).

“Kami (DPR RI) ingin hadir di provinsi yang baru saja mekar tersebut, kemarin kami juga berkunjung ke Papua Selatan. Komitmen kami, kami ingin agar sampai ke Papua Gunung, pokoknya semua provinsi di Papua ini bisa kami kunjungi tahun ini,” paparnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan