Komisi VIII DPR RI Berkunjung ke Kantor Bupati Mimika, Ini yang Dibahas

TIBA | Para anggota Komisi VIII DPR RI saat tiba di Kantor Bupati Mimika. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
TIBA | Para anggota Komisi VIII DPR RI saat tiba di Kantor Bupati Mimika. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) berada di Timika, Kabupaten Mimika untuk melakukan kunjungan kerja sejak Rabu (15/9/2021).

Komisi VIII DPR RI berkunjung ke Timika bersama Kementerian Sosial (Kemensos) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Rombongan berkunjung ke Kantor Bupati Mimika dan melakukan tatap muka dengan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Kepala Dinas Sosial Petrus Yumte dan Kepala BPBD Yosias Lossu, di ruang rapat Kantor Bupati, Kamis (16/9/2021).

Dalam sambutannya, Johannes Rettob memberikan apresiasi atas kunjungan rombongan dari Jakarta.

“Dengan kami bisa membangun terus sinergitas berusaha membangun masyarakat secara keseluruhan di Mimika,” serunya.

Wabup John juga menjelaskan terkait Mimika mulai dari luas wilayah, Mimika menjadi Smart City, PON, Pesparawi, dan Covid 19, Mimika sebagai penyangga beberapa kabupaten lainnya.

Selain itu, beberapa kendala yang dihadapi salah satunya terkait bencana alam dan masalah sosial yang berkaitan dengan bantuan sosial, dan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kita berharap kunjungan ini bukan hanya pertama kali tetapi akan terus berlanjut kebersamaan kita dan kami butuhkan bantuan dari komisi VIII untuk bersama membantu dengan BNPB dan Kemensos utnuk berikan segala yang baik,” katanya.

Sementara itu Ketua Tim Rombongan Komisi VIII DPR RI, H. Samsu Niang mengatakan, pihaknya berkunjung untuk melaksanakan tugas dari Komisi VIII DPR RI seperti budgeting, registrasi dan pengawasan terkait APBN yang dikucurkan melalui bidang sosial, agama, dan perlindungan anak.

“Kebetulan saat ini, kita fokus pada Kemensos dan BPBD. Dimana ada laporan bahwa Mimika terkendala terkait 1 juta NIK sehingga kita disini mau mengkroscek apakah sudah tepat sasaran dan harapan kita harus tepat sasaran,” katanya.

Kemudian, pihaknya juga ingin agar negara benar-benar hadir untuk mengatasi bencana alam.

“Negara harus hadir sehingga apapun yang jadi permasalahan kami sebagai wakil rakyat harus perjuangkan, tugas kita untuk serap aspirasi dan disini tujuan kita untuk memfasilitasi apa yang jadi kendala Kabupaten Mimika,” ungkapnya.

penulis : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan