Kompetisi Sepakbola Bupati Mimika Cup U-23 dan Galanita Resmi Digelar, Hadiah Ratusan Juta

Suasana pembukaan Bupati Mimika Cup 2022 (Foto: Ist)
Suasana pembukaan Bupati Mimika Cup 2022 (Foto: Ist)

TIMIKA | Kompetisi sepakbola Bupati Mimika Cup U-23 dan Galanita resmi dibuka. Bertempat di Stadion Wania Imipi, Distrik Wania, Ketua DPRD Mimika Anton Bukaleng berkesempatan sebagai penendang pertama tanda kompetisi pencarian bibit-bibit sepakbola potensial Mimika itu dimulai, Minggu (17/7/2022).

Dikutip dari mimikakab.go.id, Kompetisi ini diikuti 20 klub sepakbola dibawah naungan Askab PSSI Kabupaten Mimika.

Ketua Panitia Pelaksana Ronny S. Marjen, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia. Selain itu sebagai ajang pencarian bakat-bakat muda potensial yang bisa membawa nama Mimika bahkan Papua di kancah nasional maupun internasional.

“Kompetisi ini juga sebagai wadah untuk sama-sama berprestasi membangun tim dan klub masing-masing,” ujar Ronny.

Ia menambahkan, kejuaraan ini akan dilaksanakan selama sebulan dengan sistim setengah kompetisi baik Putra maupun Galanita. Sementara panitia menyiapkan dua lapangan sebagai tempat pelaksanaan, yaitu Stadion Wania Imipi SP1 dan Stadion Brigif 20/IJK.

“Selain piala bergilir dan piala tetap, panitia juga memberikan hadiah berupa uang pembinaan untuk putra Rp87.500.000,- dan Galatina Rp47.500.000,-. Sumber dana itu semua adalah hibah dari Pemkab Mimika,” ujar Ronny.

Ketua KONI Cessar Avianto Tunya, mengatakan, sepakbola merupakan cabang olahraga paling bergengsi di Papua, baik putra maupun putri.

“Seperti yang kita ketahui, pada PON 20 kemarin, pertama dalam sejarah PON, Provinsi Papua berhasil mengawinkan emas Putra dan Putri dicabang olahraga sepakbola. Ditambah lagi dengan Emas untuk Cabor Futsal. Ini prestasi yang sangat luar biasa,” ujar Cessar.

Ia mengharapkan, melalui ajang ini dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang akan terpilih mewakili Papua pada ajang Pra PON dan PON Aceh Sumut. Ini bisa menjadi motivasi untuk pemain agar bisa meningkatkan kemampuan sehingga bisa terpilih.

“Bupati Mimika Eltinus Omaleng memberikan apresiasi kepada pemain berprestasi pada PON 20 yang mengharumkan nama Mimika. Semoga ini bisa menjadi motivasi para pemain yang berlaga dalam Bupati Cup U-23 dan Galanita ini,”

Sementara itu, Sekretaris Askab PSSI Mimika Bobby Yakadewa mengatakan, Bupati Cup ini adalah kompetisi resmi dibawa Askab Mimika.

Kompetisi ini juga menjadi ajang seleksi pemain untuk memperkuat Persemi Mimika pada kompetisi Liga 3 PSSI Zona Papua yang rencananya akan dilaksanakan pada Agustus-November 2022.

“Ayoo.. tunjukan kemampuan untuk meraih prestasi,” pungkas Bobby.

Adapun 20 klub yang mengikuti kompetisi Bupati Mimika Cup U-23:

Grup A
1. PS Wania Imipi
2. PS Bintang Timur
3. PS Humbello
4. PS Sostar
5. PS Lapago

Grup B
1. PS Airlines
2. PS Cenderawasih
3. PS Puncak Cartenz
4. PS Hermon
5. PS Aruka

Grup C
1. PS Meepago
2. PS Mimika United
3. PS Kwamki Narama
4. PS Brigif
5. PS Timika Putra

Grup D
1. PS Epaigelah
2. PS Konika
3. PS Cartenz United
4. PS Persiko
5. PS Kinamol

 

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.