Kompetisi Sepakbola Indonesia Kembali Bergulir, Formatnya Sentralisasi di Jateng dan DIY

Menpora, Polri, PSSI dan LIB (Foto: Humas PSSI)
Menpora, Polri, PSSI dan LIB (Foto: Humas PSSI)

JAYAPURA |  Setelah melakukan rapat koordinasi (rakor) membahas lanjutan kompetisi di Jakarta, Rabu (30/11) lalu, rakor pembahasan pemenuhan persyaratan penyelenggaraan kompetisi sepak bola Indonesia digelar di Markas Besar Kepolisian.

Rapat dipimpin Asisten Operasi Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi, Dirut PT LIB Ferry Paulus, Direktur Operasional PT LIB Sudjarno, Sekjen PSSI Yunus Nusi. Hadir pula melalui during, Kapolda Jateng didampingi Karoops, Dirintelkam dan Dirpamobvit. Hadir pula Kapolda DIY, Kapolres Surakarta, Kapolrestabes Semarang, Kapolres Magelang, Kapolres Sleman, dan Kapolres Bantul.

Mereka hadir karena stadion yang akan dipakai dalam lanjutan BRI Liga 1 itu akan berada di area Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dimana Stadion itu adalah Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Sultan Agung (Bantul), dan Stadion Moch Soebroto (Magelang).

“Rapat kordinasi ini membahas soal pengamanan untuk pemenuhan persyaratan penyelenggaraan kompetisi sepak bola sebagaimana diatur dalam Peraturan Polisi Nomor 10 tahun 2022,” kata Asisten Operasi Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi, Jumat (1/12/2022).

Agung menjelaskan dalam rapat koordinasi tersebut, pihaknya bersama PSSI serta PT LIB membahas soal aspek pengamanan dalam kompetisi sepak bola khususnya Liga 1.

“Pihak PSSI dan LIB serta penyelenggara akan mengordinasikan aspek pengamanan agar kompetisi sepak bola Indonesia dapat dinikmati dengan standar pengamanan dan keselamatan yang baik,” ujarnya.
Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 mengenai pengamanan penyelenggaraan kompetisi olahraga. Perpol tersebut dikeluarkan setelah tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Serta, PT LIB mamaparkan untuk format kompetisi dilanjutkan kembali digunakan format sentralisasi hingga putaran pertama akan dirampungkan di pulau Jawa Tengah dan Yogyakarta.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.