KONI Papua Beberkan Kondisi Atlet Menuju PON XX, Ada Venue Belum Siap 100 Persen

Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Adi/Seputarpapua)
Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Adi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Sekretaris Umum (Sekum) Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya membeberkan kondisi atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021.

Kenius mengungkapkan, semua atlet Papua dalam keadaan siap untuk memulai pertandingan olahraga multy event tersebut. Bahkan dirinya meminta dalam sisa waktu para atlet untuk tetap fokus.

“Semua atlet kita dalam keadaan siap untuk bertanding, dengan sisa waktu yang ada saya minta atlet fokus untuk persiapan pertandingan,” katanya di Jayapura, Jumat (3/9).

Meski perjalanan menuju PON XX tinggal menghitung hari, Kenius mengatakan masih ada atlet yang hingga kini melakukan TC di luar Papua seperti cabang olahraga Catur, Hockey, juga Rugby.

Namun, KONI Papua telah memfasilitasi agar secepatnya semua official dan atlet segera kembali ke bumi cenderawsih.

“Atlet yang masih berada di luar Papua, itu kendalanya soal tes Swab dan kami sedang menunggu, kami juga sudah memfasiliatasi agar mereka kembali ke Papua,” ujarnya.

Sementara sebagian besar atlet PON XX Papua telah ditarik. Bahkan, kata Kenius, ada yang sudah masuk pada klaster seperti di Merauke dan Timika.

“Sehingga harapnya dalam waktu dekat semua atlet sudah ada pada klaster masing-masing guna melaksanakan tes venue,” katanya.

Terkait tes venue, Kenius mengakui ada beberapa cabor kesulitan masuk dan melaksanakan tes pada arena pertandingan karena kelengkapan venue belum 100 persen.

“Kalau tidak lengkap di venue kami juga susah masuk sehingga dalam waktu dekat ini kami harap tuan rumah tidak dirugikan karena tidak bisa melaksanakan uji coba di venue,” ujarnya.

Menurutnya, tes venue menjadi salah satu faktor bagi atlet tuan rumah untuk mendulang medali.

reporter : Adi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.