KONI Papua Dorong Pembentukan Perda Terhadap Peningkatan Prestasi Olahraga

Ketua KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Ketua KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua mendorong pembentukan peraturan daerah terhadap pembinaan prestasi olahraga untuk mewujudkan Papua sebagai provinsi olahraga dan grand desain olahraga Nasional yang saat ini digodok oleh pemerintah.

“Ya saya pikir itu hal yang sangat penting karena kalaupun kita bicara soal pencanangan di mana Gubernur sudah mencanangkan Papua sebagai provinsi olahraga, maka rujukannya adalah pasti akan melalui Perda,” kata Ketua Umum terpilih KONI Papua Kenius Kogoya, Kamis (16/6/2022).

Untuk mewujudkan hal itu, lanjut Kenius bahwa dibutuhkan komitmen semua pihak atau pelaku olahraga di tanah Papua untuk menjadikan Papua sebagai gudangnya atlet-atlet berprestasi kedepan.

“Bagaimana kita akan berjalan untuk peningkatan prestasi olahraga maupun olahraga rekreasi dan lainnya itu harus dibutuhkan komitmen bersama dalam artian komitmen di dalam program, tetapi juga di dalam anggaran yang harus didukung,” ujarnya.

“Kita punya atlet-atlet yang memiliki potensi-potensi luar biasa, tapi kalau kemudian tidak didukung oleh anggaran yang cukup, maka semua program itu pasti hanya tinggal program. Jadi di sini kita membutuhkan komitmen bersama untuk pembinaan prestasi ini,” tambahnya.

Oleh sebab itu, diharapkan komitmen bersama untuk mendorong peraturan daerah dalam peningkatan prestasi olahraga.

“Tentu ini menjadi hal yang sangat penting untuk didorong terhadap pembinaan prestasi olahraga di Papua. Saya yakin dan percaya bahwa ketika Gubernur mencanangkan Papua sebagai provinsi olahraga itu sudah pasti ikutannya ada dengan peraturan-peraturan. Bisa saja melalui pemerintah pusat dengan keppres, tapi juga turunannya adalah melalui perda dan itu pasti akan dipikirkan oleh pemerintah daerah dan bersama kita di KONI untuk bersinergi bersama untuk kemajuan prestasi olahraga,” tandasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.