KONI Papua Gandeng Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Sport Science

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman dan Ketua KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Ketua KONI Pusat, Marciano Norman dan Ketua KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua bakal menggandeng perguruan tinggi negeri dan swasta untuk pengembangan prestasi menggunakan metode sport science.

Ketua Umum KONI Papua, Kenius Kogoya mengatakan pengembangan sport science untuk prestasi olahraga di Papua sebagai bentuk juga mewujudkan Papua sebagai Provinsi Olahraga. Namun hal itu juga harus dimiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, dengan memanfaatkan sarana prasarana olahraga yang sudah dibangun oleh pemerintah.

“KONI Papua akan bekerjasama dengan perguruan tinggi, baik itu negeri maupun swasta dalam ilmu keolahragaan yang ada di Papua. Dengan harapan, perguruan tinggi yang ada itu bisa memiliki laboratorium olahraga yang memadai di setiap perguruan tinggi yang ada, sesuai dengan SDM yang ada,” ujar Kenius Kogoya, Minggu (17/7/2022).

Selain itu, SDM pelatih juga menjadi bagian penting. Oleh sebab itu, kedepan KONI Papua menyiapkan tenaga pelatih yang memiliki sertifikasi Nasional untuk cabang-cabang olahraga unggulan dari Provinsi Papua.

“Kita konsen juga mempersiapkan SDM pelatih yang memiliki sertifikasi nasional, bahkan pelatih naturalisasi jika itu diperlukan. Terutama untuk cabor-cabor yang menjadi unggulan, seperti atletik, dulu sangat berprestasi, tapi sekarang ini agak sedikit tertinggal, dayung, tinju, sepak bola, dan lain sebagainya di cabor yang menonjol,” ujarnya.

Marciano Norman, selaku Ketua Umum KONI Pusat berharap kepengurusan KONI Papua yang baru saja dilantik dapat berkolaborasi untuk memfokuskan kepada cabang-cabang olahraga unggulan yang dimiliki Papua.

“Saya rasa kolaborasi pengurus ini, fokus mereka kepada cabang-cabang olahraga unggulan, seperti atletik, sepakbola, tinju dan cabor lainnya, karena atlet Papua itu luar biasa. Sehingga saya optimis Papua sebagai Provinsi olahraga ini akan melahirkan atlet-atlet Nasional yang berprestasi dunia, memanfaatkan sarana prasarana, dan menggelar iven-iven berskala Nasional dan Internasional,” tandasnya.

 

reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.