KONI Papua: Sistem Keolahragaan Nasional Harus Didukung Pemerintah

Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Vidi/SP)
Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Vidi/SP)

JAYAPURA | Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan melibatkan KONI Pusat dan KONI Daerah dalam pembinaan olahraga prestasi, untuk mendukung grand design system keolahragaan nasional.

“Jadi Rakernas ini lebih ke arah membangun komunikasi yang baik dengan kementerian dan KONI se-Indonesia, kemudian untuk revisi SKN perlu juga di dukung oleh DPR supaya pembangunan olahraga berprestasi harus lebih maju dari Negara lain,” kata Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya usai mengikuti Rakernas KONI secara virtual, Rabu (27/8).

Kenius menilai, pembinaan olahraga prestasi masih terkesan belum adanya perhatian dari pemerintah.

Oleh karena itu, dalam revisi yang diusulkan ada kurang lebih 2,5 persen dari APBD tiap daerah dan provinsi di alokasikan kepada pembinaan olahraga prestasi.

“Persoalan selama ini kita belum di backup oleh dana yang cukup oleh pemerintah pusat. Ini yang masih harus di godok, sehingga pembinaan prestasi terus maju. Namun semuanya itu harus adanya dukungan dari legislative, DPR RI supaya dalam pengajuan draf revisi SKN nomor 3 itu bisa didukung oleh pemerintah pusat dan DPR,” ungkapnya.

Sementara itu Menpora RI Zainuddin Amali yang membuka Rakernas KONI 2020 berpesan, pembinaan olahraga prestasi menjadi tanggung jawab semua baik KONI, pimpinan induk dan cabang olahraga.

IKLAN-TENGAH-berita

Semua pihak terkait diharapkan melakukan berbagai upaya agar prestasi olahraga tidak terlalu tertinggal jauh.

“Saya harap di Rakernas ini bisa merumuskan hal-hal strategis dalam mempersiapkan prestasi di berbagai cabor agar bisa berprestasi selain di event PON juga di event internasional. Semoga kita memiliki komitmen yang sama sehingga tahun 2021 harus kita canangkan sebagai tahun recovery karena tahun 2020 berbagai kegiatan olahraga dan ekonomi yang terkait dengan olahraga harus terpaksa terhenti tidak mungkin dilakukan,” tutupnya.

 

Reporter: Vidi
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar