Koordinasi dengan Pemprov Papua, KONI Ingin Porprov Digelar Tahun ini

Kenius Kogoya. Foto: Humas KONI Papua
Kenius Kogoya. Foto: Humas KONI Papua

JAYAPURA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua untuk menyepakati waktu penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Ketua Umum KONI Papua, Kenius Kogoya mengatakan koordinasi ini untuk menyepakati penyelenggaraan Porprov yang seyogyanya digelar pada tahun ini.

“Terkait dengan pelaksanaan Porprov yaitu kami (KONI) akan melakukan kordinasi dengan pemerintah provinsi untuk meyepakati soal waktu dan juga menyakut dengan dukungan dari pemerintah terhadap pelaksanaan Porprov,” kata Kenius Kogoya, Rabu (12/10/2022).

Kenius berharap multi iven daerah ini dapat digelar sesuai rencana jadwal November tahun ini, lantaran ditahun depan sudah memasuki pra-kualifikasi PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 mendatang.

“Kita berharap tahun ini bisa kita laksanakan, kalau pun mundur berarti harus di awal tahun, kenapa awal tahun depan sampai bulan September itu sudah masuk di Pra Kualifikasi atau Pra PON untuk PON XXI Aceh dan Sumatera Utara (Sumut),” jelasnya.

Dengan digelarnya Porprov tahun 2022, maka KONI Papua memiliki waktu yang cukup untuk melakukan rekrutmen atlet serta persiapan menjelang PON XXI Aceh-Sumut.

“Ketika kita melakukan Porprov lebih cepat maka rekrutmen Atlit pasti kita persiapkan lebih cepat. Dalam sisa waktu yang ada kurang lebih efektif sekitar dua tahun sampai dengan PON itu, paling tidak kita sudah punya stok atlit,” tuturnya.

Menurutnya, KONI Papua telah melakukan verifikasi terhadap atlet-atlet eks PON XX Papua dan sudah ada 80 atlet yang punya potensi untuk kembali berlaga di PON XXI Aceh-Sumut.

“Memang ada atlet-atlet eks PON yang kita lihat dan masih punya potensi untuk mengikuti PON di Aceh-Sumut dan itu sudah kita lakukan verifikasi. Dari verifikasi by name dan number itu, kita sudah punya data sebanyak kurang lebih 80 atlit. Mereka ini dalam waktu kita akan sudah menampung mereka untuk kita TC kan untuk persipan PON XXI,” ujar Kenius.

Dia menambahkan tujuan dari digelarnya Porprov Papua dalam rangka menjaring dan merekrut atlit muda berbakat untuk bergabung dengan 80 atlet potensi Papua ex PON XX.

“Atlet muda Papua ini nantinya mengisi nomor-nomor unggulan kita. Oleh karena itu, kita harapkan dengan dukungan Pemprov Papua, Porprov digelar tepat waktu dan efektif sehingga persiapan menuju PON Aceh-Sumut lebih matang,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.