KPK Bersama Tim Dokter IDI ke Papua Periksa Kesehatan Lukas Enembe

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (Foto: KPK)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (Foto: KPK)

TIMIKA | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama tim dokter Ikatan Dokter Indonesia (IDI) segera bertolak ke Papua untuk memeriksa kesehatan Lukas Enembe.

Langkah tersebut usai rapat koordinasi di Gedung Merah Putih KPK, Senin (24/10/2022), terkait perkembangan penanganan perkara tindak pidana korupsi dugaan suap di Provinsi Papua.

Rapat dihadiri Menkopolhukam, Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Dalam Negeri,  TNI, Polri, Polda Papua, Pangdam XVII/Cendrawasih, serta Tim Dokter Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, rapat tersebut menyepakati beberapa langkah tindak lanjut terhadap perkara dugaan korupsi yang membelit Gubernur Papua Lukas Enembe (LE).

Pertama, KPK bersama IDI akan melakukan kunjungan ke Papua untuk memastikan penegakan hukum terhadap LE berjalan dengan baik.

“LE akan diperiksa kesehatannya oleh IDI dan dimintai keterangannya oleh KPK,” kata Alex dalam konferensi pers, Senin.

Kedua, Alex menegaskan tujuan kedatangan tim KPK dan IDI adalah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan LE dan pemeriksaan LE sebagai tersangka.

Ketiga, meminta aparat kewilayahan untuk menyampaikan ke masyarakat Papua bahwa KPK datang ke Papua dalam rangka pemeriksaan kesehatan LE dan pemeriksaan LE sebagai tersangka.

“Tidak untuk melakukan jemput paksa, saya ulangi, tidak untuk melakukan jemput paksa,” tandas Alex.

Keempat, hasil pemeriksaan kesehatan akan menentukan tindak lanjut kedepan, KPK meminta bantuan kepada IDI untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Papua.

“Pemerintah harus memastikan bahwa tata pemerintahan dan pelayanan publik di Papua harus berjalan dengan baik,” pungkas Alex.

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.