KPU Mimika Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi E-Coklit kepada PPS

Sosialisasi penggunaan aplikasi E-Coklit untuk PPS dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2024. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi E-Coklit untuk PPS se Kabupaten Mimika jelang Pemilihan Kepala Daerah Mimika tahun 2024.

Bimtek dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Timika, Selasa (18/6/2024).

Kordinator Divisi (Kordiv) Data KPU Mimika, Budiono Muchie mengatakan, Bimtek ini digelar bertujuan mempersiapkan anggota PPS agar bisa menggunakan aplikasi E-Coklit.

“Jika terjadi kendala dalam pelaksanaan Bimtek panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) nanti, maka PPS yang akan mendampingi,”katanya.

Budi menerangkan, E-Coklit adalah aplikasi yang dibuat KPU RI untuk memudahkan Pantarlih dalam melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit). Dimana dalam penerapannya, Pantarlih akan menggunakan smartphone (handphone) untuk memasukkan data pemilih ke dalam sistem.

“Melalui kemudahan ini diharapkan seluruh wilayah bisa digunakan aplikasi E-Coklit,” ujarnya.

Pantarlih adalah salah satu badan adhoc KPU untuk melaksanakan Coklit di tahapan pemutakhiran data pemilih.

“Jadi Pantarlih itu panitia pemutakhiran data pemilih. Pantarlih akan turun ke lapangan untuk memastikan data pemilih yang terbarukan,” jelasnya.

Pantarlih juga melakukan validasi data dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Validasi data ini penting, karena DP4 disinkronkan beberapa bulan lalu. Sementara saat ini sudah ada pergerakan data di lapangan.

“Pantarlih itu diperlukan untuk turun ke lapangan guna mencocokkan dan memvalidasi data pemilih,” ungkapnya.

Dikesempatan itu, Budi juga mengatakan PPD sudah diberikan Bimtek untuk penggunaan aplikasi E-Coklit.

penulis : Mujiono
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan