Kronologi Kebakaran di Pasar Youtefa, Kerugian Capai Rp12 Miliar

kebakaran di Pasar Youtefa
Musibah kebakaran di Pasar Youtefa Abepura Kota Jayapura, Sabtu (7/1/2023) pagi. Foto: Alley/Seputarpapua

JAYAPURA | Polisi mengungkap data terkini kebakaran di Los A Pasar Youtefa Abepura, Kota Jayapura, Papua, yang terjadi Sabtu (7/1/2023) pagi. Dalam musibah ini tedata ada 173 lapak dan kios hangus terbakar dengan kerugian materil mencapai Rp 12 miliar.

“Dari data yang kami peroleh ada 173 kios dan lapak  yang terbakar, tepatnya di Los Blok A Pasar Youtefa tadi pagi. Lalu kerugian materilnya sekitar 12 miliar rupiah,” ungkap
Kapolsek Abepura AKP Soeparmanto dalam keterangannya, Sabtu sore.

Kapolsek bersyukur karena dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa.

Polisi akan melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

“Kami akan melakukan penyelidikan. Kasus ini dalam  penanganan Unit Reskrim Polsek Abepura, dengan dibantu  Unit Identifikasi Sat Reskrim Polresta Jayapura Kota bersama Bidang Labfor Polda Papua,” katanya.

Kapolsek menjelaskan soal kronologi kebakaran yang berdasarkan keterangan saksi bahwa sumber api diduga dari salah satu kios dk Los A sekitar pukul 05.30 WIT.

Saksi bernama Masripah yang merupakan pedagang peyek keliling,  kata Kapolsek, mengaku pertama kali melihat kepulan asap dari salah satu kios, saat ia melintas di Los Blok A.  

“Melihat asap yang tidak jauh dari dirinya, kemudian saksi Masripah panik, dan berteriak minta bantuan kepada pedagang lain yang ada di sekitar,” jelasnya mengutip keterangan saksi.

“Pedagang lain yang saat itu mendengar teriakan saksi lalu bergegas mencoba untuk memadamkan api,  tetapi api begitu cepat menjalar ke kios-kios yang ada di sekitarnya,” sambung Kapolsek.

Karena bahan bangunan kios terbuat dari kayu atau bahan mudah terbakar, sehingga api begitu cepat membesar dan merembet ke kios-kios lainnya.

“Api baru berhasil dipadamkan pukul 08.00 WIT dengan bantuan 5 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Jayapura dibantu mobil AWC  milik Polda Papua,” tandasnya.

penulis : Alley

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.