Kunjungi Distrik Mambioman Bapai, Michael Gomar Prioritas Bangun Jalan dan Jembatan

Pj Bupati Mappi Michael Gomar saat berkunjung ke Distrik Nambaiman Bappai. (Foto: Ist)
Pj Bupati Mappi Michael Gomar saat berkunjung ke Distrik Nambaiman Bappai. (Foto: Ist)

TIMIKA | Penjabat Bupati Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan, Michael Gomar didampingi penjabat Sekda Mappi Mauridsius Kabagaimu berkunjung ke Distrik Mambioman Bapai, Jumat (22/7/2022).

Selain penjabat Sekda, kunjungan itu juga dihadiri Wakil Ketua II DPRD, Kabag Protokol dan Kabag Umum Setda Mappi dan sejumlah pejabat lain.

Kedatangan Pj Gomar bersama rombongan disambut hangat masyarakat Distrik Nambioman Bapai setelah menempuh perjalan kurang lebih dua jam.

Masyarakat setempat bertemu dengan penjabat bupati dan pejabat lainnya di perumahan distrik.

Kepala Distrik Mambioman Bapai, Muslimin mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada rombongan bupati yang mau hadir di tengah masyarakat.

Muslimin dalam kesempatan itu meminta Pj Bupati untuk melihat kondisi di wilayah distrik yang dia pimpin.

“Walau kami banyak kekurangan namun tetap berjalan dengan harapan terbaik. Semua kegiatan berjalan lancar dan aman. Kami mohon kepada bapak penjabat bupati agar berkenan jalan-jalan lihat situasi dan kondisi distrik kami,” ungkapnya.

Sementara LMA Kampung Mur, Michael Waite mengungkapkan, selama ini para pejabat di Mappi melihat kondisi Distrik Nambioman Bapai dengan sebelah mata, padahal wilayah itu merupakan pintu masuk Mappi.

“Kami jujur setiap kali musrenbang hasilnya kosong, dari tahun ke tahun diusulkan namun sama saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut Waite mengungkap saat ini salah satu kekuranngan di distrik itu ialah kantor distrik.

“Kami sudah serahkan ke pemerintah ternyata ada persoalan namun tidak diselesaikan. Kami semua pernah ke Mappi dengan rombongan bawa surat pernyataan tapi bupati tidak terima kami,” ungkapnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri juga oleh perangkat distrik, tokoh adat dan masyarakat serta kepolisian ini, ada berbagai persoalan yang di sampaikan kepada Penjabat Bupati Michael R Gomar.

Dua hal paling serius yang diminta dan begitu diharapkan perhatian pemerintah adalah perbaikan jalan dan jembatan.

Pada kesempatan itu, Michael Gomar langsung menjawab penyampaian dari masyarakat diawali dengan menyampaikan permohonan maaf dimana seharusnya kunjungan ini dilakukan dua minggu sebelumnya tetapi tertunda akibat ada tanggung jawab pekerjan lainnya.

“Saya sudah mendengar dan mencatat semua usulan yang disampaikan. Dan menurut saya, semua yang disampaikan ini merupakan kondisi sebenarnya yang terjadi di distrik dan kampung-kampung di sini,” ungkapya.

Meski begitu, Gomar berharap agar seluruh masyarakat di distrik dan kampung bisa saling membantu.

Menurutnya pemerintah bisa merencanakan dan melakukan pembangunan di distrik dan kampung namun masyarakat juga harus memiliki tanggungjawab menjaga hasil pembangunan.

“Kebutuhan penting yang sudah disampaikan ini, muda-mudahan bisa terealisasi dan dilaksanakan supaya masyarakat di distrik ini bisa dapatkan fasilitas yang memadai,” katanya.

Gomar pada kesempatan itu juga meminta masyarakat agar mengerti bahwa bukan hanya distrik Mambioman Bapai yang butuh pembangunan, tetapi ada 15 distrik di Kabupaten Mappi yang juga butuh perhatian yang sama.

“Tetapi saya sangat setuju kalau jembatan dan akses jalan bagus. Dengan begitu maka distrik ini adalah pintu gerbang untuk membangun semua distrik di Mappi. Pembangunan akses transportasi jalan ini harus segera di perbaiki,” ujarnya.

Gomar juga menjanjikan untuk kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan PLN selama 24 jam.

“Setelah kembali saya akan ketemu dan panggil kepala PLN untuk lakukan koordinasi bagaimana melihat kebutuhan penerangan di sini,” ungkapnya.

Gomar mengakui bahwa akses jalan di wilayah distrik lain juga sangat butuh perhatian karena medan yang sulit.

Terkait kondisi ini, Gomar berkommitmen untuk secara perlahan memperbaikinya demi konektifitas transportasi yang memadai antara wilayah satu dengan wilayah lainnya.

“Saya berharap selama masa tugas saya di Mappi, jalan bisa menjadi bagus. Kita akan perbaiki sehingga semua akan menjadi lebih mudah untuk terkoneksi dengan baik,” kata Gomar disambut tepuk tangan meriah masyarakat dan pegawai distrik dan kampung yang hadir.

Pada pertemuan ini, secara khusus Pj Gomar juga meminta para kepala kampung dan aparaturnya untuk senantiasa mengelola Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana dengan baik dan benar demi kemajuan kampung.

Di akhir pertemuan, Pj Gomar juga mengatakan bahwa panitia HUT ke-77 kemerdekaan RI, Pemda Mappi telah dibentuk.

Panitia juga telah menyediakan anggaran untuk pelaksanaan HUT di 15 distrik.

Ia berharap penyelenggaraan kegiatan terutama upacara 17 Agustus nanti dapat melibatkan semua masyarakat agar momen ini bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Walau dibuat kegiatan lomba kecil dengan hadiah yang kecil namun bisa memberikan semangat baru kepada masyarakat, membagikan solidaritas dan kekeluargaan serta toleransi sehingga ini yang perlu kita rawat dan jaga bersama untuk memperkokoh rasa persatuaan dan kesatuan serta rasa cinta tanah air negara kita tercinta Indonesia,” harapnya.

Usai pertemuan tersebut, Pj Bupati Michael Gomar bersama rombongan langsung meninjau beberapa tempat di Distrik Mambioman Bapai yakni pasar kayu, kantor distrik, gereja, pelabuhan, pasar, puskesmas, serta SD dan SMP di Nambioman Bapai.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.