Kunjungi Korban Banjir Iwaka, Warga Mengeluh ke Kapolres

SERAHKAN BANTUAN | Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata bersama istri menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir. (Foto: Saldi/SP)
SERAHKAN BANTUAN | Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata bersama istri menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Jajaran Polres Mimika bersama Bhayangkari mengunjungi lokasi banjir di Distrik Iwaka dan Jalan Trans Nabire, Kamis (30/7).

Di Iwaka, Kapolres beserta rombongan melakukan pertemuan singkat dengan dan mendengar keluhan mereka. Saat itu, warga diwakili oleh Kepala Kampung Iwaka, Elesius Awiyuta, menerima rombongan Kapolres di balai kampung.

Usai mendengar keluhan yang disampaikan warga Iwaka, Kapolres bersama istri kemudian menyerahkan bantuan bahan makanan dan vitamin kepada warga. Bantuan yang diberikan di dua lokasi berupa beraa 1 ton lebih, indomie, kopi dan teh, serta makanan ringan untuk anak-anak.

“Tadi kita sudah melihat langsung jalan putus sehingga akses beberapa desa yang ada di Iwaka sana putus. Tentunya hal-hal yang pokok adalah bagaimana mereka bisa bertahan hidup, kita otomatis membantu (memberi) bantuan berupa bahan makanan, beras, indomie dan lain-lain,” kata Kapolres usai kunjungan.

Kata Kapolres, warga meminta adanya perhatian dari pemerintah agar dapat membantu mengatasi banjir di Iwaka.

“Yang dibutuhkan di sini, berpikir kedepan, jangka panjang. Bagaimana apabila ada banjir datang lagi tahun-tahun berikutnya, rumah mereka sudah sesuai. Itu yang dibutuhkan adalah rumah panggung. Sehingga apabila ada banjir mereka masih bisa tidur nyenyak,” kata Kapolres.

Terkait hal itu, selaku Forkopimda, Kapolres akan membantu dengan meneruskan keluhan yang disampaikan warga Iwaka kepada pihak yang bersangkutan seperti pemerintah.

“Tentunya kita juga sebagai Forkopimda nanti kita akan sampaikan kepada yang bersangkutan, yang tentunya berkaitan dengan bantuan-bantuna masyarakat semoga bisa terpenuhi sehingga mereka juga bisa hidup dengan nyaman disini,” ujarnya.

Dari sisi kesehatan warga Kampung Iwaka, kebetulan dalam rombongan ini Kapolres membawa tim dokter Polres Mimika yang sempat mengecek kondisi kesehatan warga setempat.

“Kita mengecek bagaimana kondisi kesehatan, siapa tahu ada yang sakit. Kita lihat juga masyarakat sini sebagian masih sehat, tapi kita bantu vitamin untuk menjaga kondisi tubuh mereka,” pungkasnya.

Sebelum mengunjungi Iwaka, Kapolres bersama istri Ny Metta Era Adhinata dan rombongan juga meninjau lokasi terdampak banjir di jalan Trans Papua yang menghubungkan Timika-Nabire. Di mana, kondisi jalan yang letaknya di kilometer 12 tersebut putus setelah diterjang banjir pada Minggu, 26 Juli 2020.

Selain mendengar keluhan korban banjir, Polres Mimika juga memberikan bantuan berupa bahan makanan serta obat-obatan.

Reporter: Saldi
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar