Kunker di Asmat, Kapolda Papua Ajak Masyarakat Kembali Damai

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakiri (tengah) saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Asmat didampingi Wabup Asmat Thomas E. Safanpo (Baju Khaki) dan Kapolres Asmat AKBP Dhani Gumilar (kiri). (Foto: Fagi/seputar Papua)
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakiri (tengah) saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Asmat didampingi Wabup Asmat Thomas E. Safanpo (Baju Khaki) dan Kapolres Asmat AKBP Dhani Gumilar (kiri). (Foto: Fagi/seputar Papua)

ASMAT | Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri mengimbau masyarakat Asmat kembali hidup damai setelah sebelumnya sempat terpecah akibat Pilkada Serentak 2020 lalu.

Hal itu disampaikan disela-sela kunjungan kerjanya (Kunker) ke Kabupaten Asmat dan bertemu dengan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) yang berlangsung di Aula Wira Pratama, Polres Asmat. Senin, (15/3/21).

“Saya mengimbau masyarakat Asmat kembalilah berdamai. Mari sama-sama selesaikan kejadian kemarin dengan pendekatan rekonsiliasi,” ujarnya.

Lanjut Kapolda, salah satu tujuan Kunjungan Kerjanya di Asmat adalah untuk merekonsiliasi masyarakat pasca rusuh pada 3 Maret 2021 di Kota Agats akibat Pilkada 2020.

“Semoga kehadiran saya di Kota Lumpur ini dapat meredahkan kembali ketegangan sodara-sodara atas dampak Pilkada 2020 kemarin,” harapnya

Kapolda pun mengajak, kepada seluruh pihak di Asmat, agar kembali duduk bersama dan menyelesaikan segala persoalan yang terjadi dengan damai dan sejuk

“Mari selesaikan dengan baik-baik disesuaikan dengan prinsip keadilan restoratif (restorative justice). Untuk itu, semua yang ikut terlibat pada kejadian rusuh tersebut diundang dan dimediasi oleh Polres bersama Pemda Asmat,” ajak Kapolda.

“Karenanya masyarakat harus diajarkan pembelajar hukum yang baik, sehingga kedepan mereka sadar jika melakukan kejahatan, karena ada aturan hukum yang menjerat mereka,” tambah Kapolda.

Ia menuturkan,persoalan Pemilukada 2020 di Asmat telah selesai. Untuk itu, hal-hal yang berbau politik segera disingkirkan.

“Karena Pilkada telah selesai, Asmat telah punya Bupati dan Wakil Bupati, maka itu mari kita berdamai dukung kembali pemerintah,dan dorong mereka kembali membangun tanah ini,” ajak Kapolda.

 

Reporter: Fagi
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga