Kunker di Mimika, Wapres Ma’ruf Amin Resmikan BLK Somatua Training Center

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meresmikan BLK Somatua Training Center secara virtual yang didampingi Penjabat Gubernur Papua Tengah serta para bupati kabupaten-kabupaten di Provinsi Papua Tengah. (Foto: Ist)
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meresmikan BLK Somatua Training Center secara virtual yang didampingi Penjabat Gubernur Papua Tengah serta para bupati kabupaten-kabupaten di Provinsi Papua Tengah. (Foto: Ist)

TIMIKA | Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerjanya (kunker) di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, sekaligus meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Yayasan Somatua ‘Somatua Training Center’ atau STC, Rabu (30/11/2022).

Peresmian ini dilakukan secara virtual dari Rimba Papua Hotel (RPH) dengan gedung BLK Somatua Training Center di Jalan Cenderawasih, Timika.

Dalam peresmian ini, Maximus Tipagau selaku Pimpinan Yayasan Somatua memberi penjelasan kepada Wapres Ma’ruf Amin terkait hal-hal yang dilakukan oleh Yayasan Somatua dalam mendukung peningkatan keterampilan generasi Papua maupun non Papua.

Tidak hanya itu, berbagai upaya terus dilakukan Yayasan Somatua meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua agar terampil, sehingga nantinya dapat bersaing dalam dunia industri sesuai kebutuhan pasar dan industri.

Wapres Ma’ruf Amin juga menyempatkan diri menyapa dan tanya jawab dengan para siswa di Somatua Training Center secara virtual, sekaligus menyapa mama-mama Papua yang merupakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mulai dari binaan Yayasan Somatua, PT Freeport Indonesia (PTFI), maupun Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK).

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, Ia mengapresiasi dan menyambut baik dibukanya BLK Somatua Training Center yang dipimpin Maximus Tipagau. Apalagi Maximus merupakan putra daerah asli dari Tanah Papua.

“Saya merasa bangga ada banyak putra putri Papua yang mendorong lahirnya wirausahawan dan juga calon pekerja yang terampil,” ucap Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin usai meresmikan BLK Somatua Training Center, kemudian meresmikan gedung Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mimika dan dilanjutkan dengan pertemuan bersama Pj Gubernur Papua Tengah serta para Bupati kabupaten-kabupaten di Papua Tengah.

Setelah dari Kabupaten Mimika, Wapres melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.