Kuota Mahasiswa Guru dan Perawat Diutamakan, Ini Penjelasan YPMAK

Tim YPMAK lakukan monitoring
Tim YPMAK lakukan monitoring dan evaluasi bagi mahasiswa peserta beasiswa YPMAK di Unika De La Salle, Kamis sore. (Foto: Yonri/Seputarpapua)

TIMIKA | Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Ilmu Keperawatan menjadi jurusan favorit bagi Mahasiswa penerima beasiswa Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) di Manado, Sulawesi Utara.

Wakil Direktur Monev dan Program YPMAK, Nur Ihfa Karupukaro menjelaskan, pemilihan minat ini didukung YPMAK mengingat juga kebutuhan daerah.

Mahasiswa PGSD dan Keperawatan yang mendapatkan beasiswa penuh dari YPMAK, pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia saat ini paling banyak terdapat di Universitas Katolik (Unika) De La Salle, Manado.

“Keperluan daerah kita (Mimika) saat ini memang bertumpu pada guru dan perawat. Sehingga ketika mereka selesai mereka langsung bisa diturunkan ke kampungnya masing-masing,” kata Ihfa di Unika, Kamis (7/7/2022).

Tahun ini menurutnya terdapat 30 calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan studi ke Manado. Dominan dari mereka akan masuk ke dua jurusan tersebut.

Rektor Unika De La Salle Manado, Prof. Dr. Johanis Ohoitimur menjelaskan, Sejak Jurusan PGSD dibuka pada tahun 2017, jurusan ini menjadi terfavorit bagi mahasiwa beasiswa YPMAK.

“Mahasiwa Timika masuk di pendidikan punya masa depan baik dan mereka lulus nanti bisa mengabdi di tanahnya sendiri,” kata Ohoitimur.

Ohoitimur akui, dirinya sering berkunjung Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) di Timika yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Lokon bemitra dengan YPMAK. Menurutnya, sekolah tersebut dapat menjadi ladang pengabdian utama bagi para lulusan PGSD.

Begitupun dengan berbagai daerah di Mimika yang membutuhkan tenaga medis. Beberapa puskesmas, klinik dan rumah sakit yang bermitra dengan YPMAK pun akan terbuka menerima lulusan-lulusan ini.

Sehingga, sejak di bangku kuliah, para mahasiswa calon guru dan perawat sudah diarahkan untuk lakukan praktik di Mimika.

“Jadi nanti Timika akan memiliki guru-guru dan perawat hebat khusunya masyarakat asli Papua jebolan peserta beasiswa YPMAK,” pungkasnya.

reporter : Yonri
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.