LADI Awasi Penggunaan Doping Atlet PON XX

MOU | PB PON Papua dan LADI saat menandatangani MoU. (Foto: Humas PB PON Papua)
MOU | PB PON Papua dan LADI saat menandatangani MoU. (Foto: Humas PB PON Papua)

JAYAPURA | Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua bekerja sama dengan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) mengawasi penggunaan doping selama penyelenggaraan PON 2021 mendatang.

Kepastian itu ditandai adanya penandatangan kerjasama PB PON yang diwakili Sekretaris Umum PB PON Elia Loupatty dan pihak LADI Ketua Zaini Khadafi Saragih di Jakarta Selatan, Sabtu (28/11).

Ketua LADI Zaini Khadafi Saragih mengungkapkan, lembaganya sebenarnya telah menjadi partner independen dalam pengawasan doping di berbagai penyelenggaraan kejuaraan olahraga sebelumnya.

“Kalau PON sebelumnya tidak ada penyerahan tugas secara resmi seperti ini. Sekarang dari PB PON menyerahkan tugas pengawasan doping ke LADI, baru nanti LADI akan membentuk tim untuk bertugas jadi akan berbeda konsekuensinya nanti,” ujar Zaini dalam keterangan resminya melalui Humas PB PON, Selasa (1/12).

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan pada saat penyelenggaraan PON di tahun depan, tidak akan ada kecurigaan antar-kontingen di PON Papua.

Pasalnya pengawasan akan dilaksanakan secara langsung oleh lembaga independen tanpa melibatkan pihak penyelenggara ataupun pemerintah.

IKLAN-TENGAH-berita

“Kalau dengan kondisi begini, orang-orang tidak akan mempertanyakan proses pengawasan doping lagi karena yang menyelenggarakan LADI bukan PB PON atau pemerintah Papua. Ini berbeda kalau misalnya yang menyelenggarakannya PB PON atau pemerintah Papua. Mereka bisa curiga jangan-jangan ini pengawasannya timbang pilih,” ungkapnya.

Adapun bentuk pengawasan dari LADI, lanjut Zaini berupa pengujian sampel sejumlah atlet, dimana sampel itu akan dikirim ke Doha, Qatar untuk diketahui hasilnya secara pasti.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar