Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI Pernah Berkarir di Papua Barat

Laksamana Yudo Margono (kiri) dan Jenderal Andika Perkasa (kanan). (Foto: TNI AL)
Laksamana Yudo Margono (kiri) dan Jenderal Andika Perkasa (kanan). (Foto: TNI AL)

TIMIKA | Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun.

Ketua DPR RI Puan Maharani, Senin (28/11/2022), mengumumkan Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI yang diajukan Presiden Jokowi untuk mengikuti mekanisme pemilihan di DPR.

“Nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono, yang menjabat KSAL saat ini,” kata Puan, Senin.

Yudo Margono lahir pada 26 November 1965 (umur 57). Ia menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut ke-27 sejak tanggal 20 Mei 2020.

Yudo dilahirkan dan dibesarkan di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur dari keluarga sederhana yang berprofesi sebagai petani. Ia mengenyam pendidikan dasar di SDN 02 Garon dan menamatkan sekolah menengah atas di SMA Negeri 1 Mejayan.

Selepas lulus SMA, Yudo mendaftar di Akabri bersama teman-temannya. Namun dari 12 temannya, hanya Yudo yang masuk dan diterima di Akademi Angkatan Laut.

Alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII tahun 1988 itu sebelumnya menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, dan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I tahun 2018-2019.

Jabatan strategis lainnya pernah diemban Yudo, yaitu Panglima Komando Lintas Militer (Pangkolinlamil) tahun 2017-2018 dan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangkoarmabar) tahun 2018.

Dari sederet jabatan saat berkarir di TNI Angkatan Laut, Yudo muda pernah menjabat sebagai Komandan Lanal (Danlanal) Sorong, Papua Barat tahun 2008-2010 ketika masih berpangkat Kolonel.

Ketika sudah menjabat KSAL, Yudo pernah bernostalgia dengan meninjau fasilitas Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal XIV) Sorong pada 11 Juli 2020 lalu.

Lantamal XIV Sorong kini dijabat perwira tinggi berpangkat Brigadir Jenderal, sebelumnya merupakan Lanal tipe B yang dipimpin perwira menengah berpangkat Kolonel di masa Yudo muda.

Di sana Yudo antaralain meninjau rumah jabatan Komandan Lantamal XIV di jalan Puncak Arfak No. 01, Kota Sorong, Papua Barat.

Yudo benar-benar merasakan kenangan masa muda. Ia teringat ketika menempati rumah tersebut saat menjabat Danlanal Sorong selama dua tahun.

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.