Lanal Timika Miliki 2 Kampung Bahari Nusantara, Fokus Ekonomi dan Pendidikan

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien S saat memberikan sambutan di Kampung Ayuka, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (15/5/2023). (Foto: Arifin Lolialang/Seputarpapua)
Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien S saat memberikan sambutan di Kampung Ayuka, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (15/5/2023). (Foto: Arifin Lolialang/Seputarpapua)

TIMIKA | Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien S, mengikuti peresmian pembukaan Kampung Bahari Nusantara di Kampung Ayuka, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (15/5/2023).

Pembukaan peresmian Kampung Bahari Nusantara yang dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin secara Virtual, juga dihadiri  Komandan Kodim, Komandan Lanud Yohanis Kapiyau, Komandan Satuan Radar 243, Kapolres Mimika beserta pemerintahan Distrik Miktim.

Dalama kesempatan itu, Danlanal mengatakan gagasan Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang dimotori oleh TNI AL terbagi ke dalam 5 klaster, yaitu edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan ini sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk menyelesaikan berbagai persoalan kemiskinan di desa pesisir.

Dimana program TNI angkatan Laut ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di pesisir pantai.

Danlanal juga menyampaikan, ada sekitar 68 klaster di seluruh satkorwil di Indonesia yang dimiliki oleh TNI angkatan Laut.

“Kebetulan di Lanal Timika ini mempunyai dua kampung Bahari Nusantara, yaitu Ayuka dan Tipuka, kita fokus di kampung bahari Nusantara ini adalah program ekonomi dan edukasi,” ujar Danlanal.

Dimana kata Danlanal, peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi bagi masyarakat di pesisir, bisa dilihat dari salah satu bangunan pendidikan yang dibangun.

“Ada salah satu bangunan pendidikan yang dapat menampung 69 murid dibsini, itu kita kerjasama dengan PT Freeport untuk melaksanakan pendidikan bagi anak-anak di kampung Ayuka,” ungkap Danlanal

Danlanal menambahkan, untuk ekonomi dari Lanal membuat kolam ikan dan  pembenahan berupa renovasi aliran irigasi air.

“Untuk pariwisata kita membangun dermaga dan pintu masuk atau gafura dan untuk pertahanan kita melakukan pembangunan poskamling, itu semua adalah permintaan dari masyarakat,” pungkasnya.

penulis : Arifin Lolialang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan