Lanal Timika Peringati HUT Kowal ke 60, KSAL: Prajurit Kowal Miliki Peran Istimewa

Danlanal Timika Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno menyerahkan potongan kue HUT kepada prajurit Kowal Lanal Timika usai mengikuti peringatan HUT Kowal ke 60 tahun 2023 secara virtual, Kamis (5/1/2023). (Foto: Lanal Timika)
Danlanal Timika Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno menyerahkan potongan kue HUT kepada prajurit Kowal Lanal Timika usai mengikuti peringatan HUT Kowal ke 60 tahun 2023 secara virtual, Kamis (5/1/2023). (Foto: Lanal Timika)

TIMIKA | Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah mengikuti peringatan hari ulang tahun (HUT) Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) ke 60 tahun 2023 yang dilaksanakan secara virtual, langsung dari OPT Mabes TNI AL Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Peringatan HUT secara virtual oleh Lanal Timika dilakukan di Kantor Perwakilan Lanal Timika, jalan Freeport lama, dihadiri Komandan Lanal (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno bersama dengan Palaksa Lanal Timika Mayor Laut (P) Avissema Herlambang dan Paset Lanal Timika Letda Laut (S) Eko Prasetyo serta Prajurit Kowal Lanal Timika.

Dalam sambutannya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, sebagai Prajurit Kowal, menjadi srikandi laut adalah pilihan hati dan takdir. Karena itu sebagai wanita yang menjadi prajurit bersenjata, para prajurit Kowal diminta tidak melupakan kodratnya, yakni wanita sebagai seorang istri dan sosok ibu bagi anak-anak.

Bahkan, prajurit Kowal diminta untuk tetap tegar dan tersenyum, meskipun perjuangan yang dilakukan tidak semudah membalik telapak tangan, namun ada kuasa Tuhan yang akan selalu menyertai.

KSAL pun mengajak Prajurit Kowal menjadikan motto ‘Pengabdian dan Kehormatan adalah Jiwaku’ sebagai landasan segala pikiran, ucapan, maupun tindakan dalam setiap gerak dan langkah.

“Prajurit Kowal itu memiliki peran istimewa dan mengemban multi peran dalam menjalani kodratnya sebagai wanita yang seutuhnya, serta memikul tanggung jawab sebagai prajurit. Kowal harus profesional, tegar, tangguh dan militan,” kata KSAL Muhammad Ali.

Tak hanya itu, Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena, Fera Muhammad Ali dalam peringatan ini menyampaikan, HUT Kowal ke 60 dengan mengangkat tema ‘Profesionalisme dalam Mengabdi, Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’, memberikan kedewasaan dalam berfikir dan bertindak, serta mengembangkan potensi diri guna mendukung keberhasilan dalam setiap penugasan yang menjadi tanggung jawab setiap prajurit Kowal.

Seperti yang disampaikan KSAL, Fera juga meminta Prajurit Kowal tidak melupakan kodratnya sebagai wanita yang harus menjaga keseimbangan sebagai seorang prajurit, istri, sekaligus ibu. Hal ini Ia tekankan kepada prajurit Kowal agar dapat dipedomani baik di kedinasan maupun di kehidupan sehari-hari.

“Bagi seorang prajurit Kowal harus mempunyai identitas, etika, jati diri sebagai prajurit wanita yang tangguh, berwawasan luas dan tidak mudah menyerah dalam setiap tugas yang diberikan,” pesan Fera, Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena.

Peringatan HUT Kowal secara virtual ini dimanfaatkan KSAL Muhammad Ali menyapa para Prajurit Kowal mulai dari Lanal Timika, Kowal Lanal Manokwari, dan Kowal United Nation (UN) yang bertugas diluar negeri.

Dilanjutkan juga dengan penayangan film pendek Kowal dan seni teater serta penayangan Filler Kowal.

Di Lanal Timika, Danlanal melakukan pemotongan kue HUT Kowal ke 60 kemudian dibagikan kepada parjurit Kowal Lanal Timika.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.