Lanal Timika Rayakan HUT ke 24, Hadapi Tantangan Kedepan dengan Terus Bersinergi

Pemotongan tumpeng HUT Lanal Timika ke 24 oleh Danlanal Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla didampingi istri Ny. Shanty Apriles Lusien, A.Md selaku Ketua Cabang 2 Korcab XI DJA. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Pemotongan tumpeng HUT Lanal Timika ke 24 oleh Danlanal Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla didampingi istri Ny. Shanty Apriles Lusien, A.Md selaku Ketua Cabang 2 Korcab XI DJA. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Timika merayakan hari ulang tahun (HUT) ke 24 yang dipusatkan di Kantor Perwakilan Lanal Timika, area Gorong-gorong, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis (21/7/2022).

Peringatan hari jadi Lanal Timika ini, dilakukan dengan mengadakan sejumlah lomba internal maupun pembagian doorprize hingga puncaknya pemotongan tumpeng HUT Lanal Timika ke 24 oleh Komandan Lanal (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla didampingi istri selaku Ketua Cabang 2 Korcab XI DJA, Ny. Shanty Apriles Lusien, A.Md.

24 tahun Lanal Timika sudah berkiprah menjaga kedaulatan NKRI serta membantu menjaga stabilitas keamanan di Bumi Amungsa hingga ke sebagian wilayah selatan Papua sejak tahun 1998.

Menurut Danlanal Letkol Laut (P) Apriles, 24 tahun merupakan usia yang muda. Namun baginya, Lanal Timika masih memiliki segudang tantangan kedepannya.

Sebagai Komandan yang sejak 6 April 2022 tiba di Kabupaten Mimika mengemban tugas sebagai Danlanal mengantikan Letkol Laut (P) Deni Indra M, S.Sos., M.Tr.Hanla MM, Letkol Apriles berharap di usia yang ke 24 tahun Lanal Timika, dirinya dan perwira serta segenap prajurit Lanal Timika dapat membawa pengaruh positif terhadap lingkungan disekitar wilayah kerja, baik itu dengan masyarakat maupun unsur Forkopimda.

Baginya, tantangan kedepan Lanal Timika yang merupakan salah satu Lanal di Indonesia dan berada di daerah rawan terkendali, adalah bagaimana meningkatkan pertahanan dan keamanan di wilayah kerja. Karenanya, Lanal Timika yang terdiri dari prajurit matra laut TNI AL akan tetap kompak dan bersinergi dengan TNI AD, TNI AU serta Polri, dalam upayanya meningkatkan pertahanan dan keamanan wilayah.

Apalagi, kata Danlanal, wilayah kerja Lanal Timika berdekatan dengan daerah yang sering terjadi kontak senjata. Yangmana hal tersebut juga menjadi perhatian khusus bagi Lanal Timika.

“Ada penekanan-penekanan saya (kepada Prajurit Lanal Timika), bahwa kita ini selalu waspada dan siaga. Karena kita adalah salah satu Lanal yang berada di daerah rawan terkendali. Tidak menutup kemungkinan, kejadian-kejadian yang memang tidak berada di wilayah kerja kita, maksudnya di wilayah koordinasi, bisa turun di wilayah kerja kita. Oleh karena itu kita selalu waspada dan tetap siaga,” kata Danlanal.

“Kita lihat kejadian beberapa hari yang lalu, terjadi kontak senjata. Ini menjadi perhatian khusus bagi kita,” lanjutnya.

Selain itu, dalam mengomandoi Lanal Timika, Letkol Apriles mengaku telah melaksanakan perintah-perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM, seperti misalnya bersinergi dengan masyarakat maupun Forkopimda. Kemudian, penekanan tentang perhatian khusus terhadap prajurit di Lanal Timika.

“Beberapa penekanan yang diberikan bapak KASAL, sehingga ini menjadi perhatian bagi kita Lanal Timika untuk dilaksanakan kedepan,” ujarnya.

Letkol Apriles melihat, Lanal Timika adalah salah satu jajaran Lanal di Papua yang memiliki prestasi cukup baik. Antara lain baru-baru ini ada tiga Lanal yang berdasarkan penilaian masuk dalam kategori Lanal tipe C teladan, dan itu salah satunya adalah Lanal Timika.

Kemudian secara kekeluargaan, Ia melihat di internal Lanal Timika sangat kompak. Begitu juga eksternal baik dengan masyarakat maupun unsur Forkopimda.

“Itu yang harus kita pertahankan dan menjadi kekuatan bagi kita,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam perayaan HUT Lanal Timika ke 24 ini, mulai dari Komandan KRI, Bea Cukai Timika, Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Satpolair Polres Mimika, serta mitra maritim Lanal Timika mulai dari Syahbandar, Kantor UPP Paumako, hingga perwakilan dari masing-masing Kantor Karantina yang ada di Timika serta para undangan lainnya.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.