Lapas Mimika Layak Diusulkan Jadi Kelas II A

TIMIKA, Seputarpapua.com | Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Papua Anthonius Mathius Ayorbaba mengungkapkan kemungkinan Lembaga Pemasyrakatan (Lapas) Klas II b naik tingkat ke II A.

Anthonius mengatakan, luasan lahan Lapas Klas II b masih bisa untuk dibangun satu blok warga binaan baru di dalam kompleksnya.

“Luasan lahan Lapas Timika sangat memadai sehingga sangat layak diusulkan untuk menaikan status menjadi Kelas II A.
Luasan area sangat bisa untuk bangun blok baru dan tembok ornamesh, sehingga semua aktivitas bisa dilakukan dengan baik,” ujarnya saat ditemui wartawan di Lapas Mimika usai membuka kegiatan Pelatihan Kemandirian, Rabu 19 Juni 2024.

Menurut Anthonius pembenahan perlu dilakukan karena setelah mengecek kondisi Lapas pihaknya menemukan 12 unit sepiteng di Lapas Timika dalam kondisi parah, meskipun 6 diantaranya telah diperbaiki.

Disamping itu, bangunan blok Lapas di Distrik Iwaka juga tidak sesuai prototipe bangunan Lapas yang sebenarnya harus membentuk huruf “U”.

“Setelah kami cek, di dalam itu ada 12 septictank yang rusak parah, tapi ada 6 yang sudah diperbaiki. Kalau dari sisi pemenuhan HAM, kondisi itu sangat prihatin,” katanya.

Menurutnya pembenahan Lapas Timika masih menunggu waktu, sebab pihaknya masih fokus melakukan pembenahan di Lapas di Jayapura.

“Untuk pembenahan Lapas Timika, harus dilakukan usai pembenahan Lapas narkotika Jayapura sebagai role model Lapas narkotika terbaik di Indonesia Timur,” ujarnya.

Kakanwil berharap Pemkab Mimika bisa membantu pembangunan dua blok Lapas Timika. Karena, Kakanwil akan membuat  banyak program positif untuk pembinaan warga binaan dan akan berkolaborasi bersama pemerintah guna meyakinkan masyarakat jika Lapas Timika memiliki program pembinaan yang baik.

“Saat ini kita butuh pimpinannya Lapas Timika yang benar-benar bisa mengakomodir kerjasama dengan pemerintah dalam memberikan pembinaan kepada warga binaan,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan