Lebarkan Sayap Bisnis di Timika, Ramayana Berikan Banyak Diskon

TUNJUK | Pimpinan Ramayana saat menunjukkan salah satu stand. (Foto: Mujiono/ Seputarpapua)
TUNJUK | Pimpinan Ramayana saat menunjukkan salah satu stand. (Foto: Mujiono/ Seputarpapua)

TIMIKA | Setelah membuka 2 gerai di Papua Barat dan Papua (Sorong dan Jayapura), kini PT Ramayana Lestari Santosa, Tbk yang membawahi Ramayana Departemen Store dan Robinson Mart hadir di Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kehadiran Ramayana di Mimika tentunya memberikan pilihan kepada masyarakat akan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Apalagi, Ramayana yang melakukan Grand Opening pada Sabtu (3/12/2022) nanti akan memberikan banyak diskon pada setiap produk yang ditawarkan.

Lokasi Ramayana berada di Jalan Cenderawasih atau tepatnya masih satu kawasan dengan Hotel dan Resto 66.

Direktur PT Ramayana Lestari Santosa, Tbk, Halomoan Hutabarat mengatakan, pembukaan gerai di Mimika ini sesuai dengan rencana Ramayana untuk membuka 3 gerai baru di tahun ini. Sebelumnya membuka gerai baru di Kota Semarang, Jawa Tengah pada bulan Agustus, dan di Kecamatan Cipanas, Jawa Barat pada bulan Oktober lalu.

“Untuk pembukaan Ramayana di Tanah Papua, Papua Barat, dan Papua Tengah ini sebagai bentuk komitmen kami dalam memajukan perekonomian,” kata Halomoan saat jumpa pers di Jalan Cenderawasih, Kamis (1/12/2022).

Pembukaan Ramayana di Mimika ini karena pihaknya melihat potensi perekonomian sangat tinggi. Dimana dua gerai yang sudah dibuka, yakni Sorong dan Jayapura atau tepatnya di Abepura animo masyarakat sangat tinggi. Ini menunjukkan kalau Ramayana diterima oleh masyarakat Papua.

Khususnya di Mimika yang akan dibuka pada 3 Desember 2022 nanti, pihaknya melihat peluang bisnisnya sangat kuat. Apalagi di Mimika ada perusahaan tambang terbesar di dunia, yakni PT Freeport dan beberapa perusahaan lainnya. Ditambah lagi masyarakatnya sangat konsumtif, sehingga dari sisi peluang bisnis sangat menjanjikan.

“Walaupun dibandingkan jumlah penduduknya, masih banyak di Sorong dan Jayapura, tapi kami optimis Ramayana di Mimika akan berkembang karena perputaran uang di Mimika sangat besar,” katanya.

Ia menerangkan, gerai Ramayana Mimika beroperasi di gedung seluas 5.800 meter persegi. Dimana, gerai itu terdiri dari Department Store yang menjual berbagai produk pakaian, aksesoris, tas, sepatu, dan kosmetik. Kemudian ada supermarket yang menjual produk kebutuhan sehari-hari, serta Ramayana Mimika juga memiliki arena permainan anak-anak Zone 2000.

Tentunya dengan pembukaan Ramayana baru ini, pelanggan akan dimanjakan dengan berbagai diskon dan promo menarik sesuai dengan tagline Ramayana ” Murah, mahal uang kembali”.

“Berbagai promo akan kami berikan, seperti belanja Rp500 ribu gratis minyak 2 liter dan masih banyak promo-promo lainnya. Yang mana masyarakat bisa melihat di spanduk-spanduk yang sudah kami sebar pada beberapa sudut Kota Timika,” terangnya.

Ia menambahkan,Ramayana juga menggandeng beberapa merchant di Mimika, baik hotel maupun lainnya. “Dengan memiliki kartu member, akan dapat potongan harga di beberapa merchant yang sudah kami ajak kerjasama,” jelasnya.

Lanjutnya, sesuai dengan komitmen dari Ramayana, untuk pembukaan gerai di Mimika pihaknya menyerap sekitar 150 orang tenaga kerja lokal.

Selain itu Ramayana juga memfasilitasi dan melibatkan UKM yang dibina oleh Pemda Mimika, PT Freeport Indonesia dan Kadin Mimika, yakni dengan menyediakan ruangan 200 meter persegi untuk 12 stand yang terdiri dari kuliner, aksesoris, kopi dan lainnya.

“Kami berharap UKM-UKM ini bisa buka bersama-sama. Sehingga dengan kehadiran Ramayana bisa dirasakan oleh para pengusaha kecil,” ujarnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Mimika, Bram Raweyai mengatakan, Kadin sangat mendukung investor masuk Mimika. Ini karena, mereka akan membuka peluang bisnis maupun lainnya, seperti lowongan kerja maupun nantinya bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD).

“Mimika ini menjadi daerah peyangga bagi kabupaten lainnya. Sehingga kami sangat mendukung apabila ada investor yang berinvestasi di Mimika,” ucapnya.

Sementara untuk UKM, Kadin  diberikan mandat sebagai marketing oleh Plt Bupati Mimika. Selanjutnya pihaknya berkoordinasi dengan Ramayana dan mereka menyambut baik hal tersebut.

“Para pelaku UKM ini akan mendapatkan diskon 30 persen dari harga sewa. Jadi ini kesempatan baik bagi para UKM untuk mengembangkan bisnisnya,” tuturnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.