Lemasko Siapkan Ambulans Laut untuk Warga Pesisir Seharga Rp1,3 Miliar

Ketua Lemasko Gerry Okoare. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Ketua Lemasko Gerry Okoare. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Lembaga Masyarakat Suku Kamoro (Lemasko) menyiapkan ambulans laut untuk membantu masyarakat suku Kamoro di wilayah pesisir Kabupaten Mimika, Papua.

Ketua Lemasko, Gerry Okoare mengatakan, ambulans yang disiapkan ini rencananya mulai dioperasikan bulan Agustus 2022 mendatang.

Dikatakan, ambulans laut ini diperuntukkan untuk masyarakat Kamoro yang meninggal di rumah sakit di Kota Timika biasanya kesulitan saat ingin dipulangkan ke kampung di wilayah pesisir.

“Tadi masyarakat meninggal mau bawa misalnya ke Atuka, sudah naik disitu tinggal bawa pulang,” ungkapnya di Timika, Rabu (9/6/2022).

Ambulans laut ini berkapasitas 35 orang dengan mesin 500 PK.

“Speed harganya Rp1,3 miliar sudah termasuk mesin, dan peralatan di dalamnya,” ungkap Gerry.

Nantinya pelayanan dengan ambulans kepada masyarakat ini diberikan secara gratis.

“Itu kita kasih gratis, sumber dana dari besi tua yang ada di Timika,” jelas Gerry.

Hasil penjualan besi tua itu sebelumnya telah dibeli ambulans darat, saat ini ambulans laut dan kedepannya direncakan akan membangun rumah singgah atau rumaah transit Lemasko.

“Jadi masyarakat Kamoro dari timur, barat mau ke Timika belanja dua atau tiga hari bisa nginap tinggal di situ,” tambahnya.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.