Lifter Papua Sabet 5 Medali di Kejurnas Angkat Berat

Lifter Papua Zakeus Wakum saat berdiri di podium pemenang. (Foto: Humas KONI Papua)
Lifter Papua Zakeus Wakum saat berdiri di podium pemenang. (Foto: Humas KONI Papua)

JAYAPURA | Atlet Angkat Berat Papua berhasil menyabet 5 medali pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Berat tahun 2022 tanggal 23-29 Oktober 2022 di Pringsewu, Lampung.

Ketua Harian Perkumpulan Angkat Berat (PABERSI), Yohanis Reda dalam keterangan persnya, Senin (31/10/2022) mengatakan 5 medali yang diraih lifter Papua masing-masing 4 medali perak dan 1 medali perunggu.

Empat medali perak dipersembahkan lifter senior Papua atas nama Zakeus Wakum yang turun dikelas 120kg plus. Sedangkan 1 medali perunggu diraih lifter putri yunior kelas 57kg atas nama Fonny Yuliana Worembay.

“Satu-satunya lifter putri yunior kelas 57kg bersaing keras dengan atlet pelatnas dan mendapat 1 medali perunggu atas nama Fonny Yuliana Worembay. Sedangkan di kelas 120kg plus, lifter putra atas nama Zakeus Wakum menyabet 4 medali perak. Torehan prestasi pada Kejurnas angkat berat ini menjadi catatan evaluasi Pabersi Papua,” ungkap Reda.

Menurut Reda, khusus lifter putri yunior Papua Fonny Yuliana Worembay mendapat apresiasi dari Ketua Umum Pabersi, Anna Maria yang menunjuk langsung Fonny untuk masuk tim pelatnas untuk disertakan pada kejuaraan internasional tingkat Asia tenggara dan Asia.

“Lifter Fonny mendapat perhatian dari Ketua Umum Pabersi ibu Anna Maria untuk diikutsertakan pada kejuaraan internasional baik di tingkat asia tenggara, asia dan dunia,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan berakhirnya Kejurnas Angkat Berat 2022 ini, maka PABERSI Papua bakal melakukan evaluasi untuk persiapanan Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) XXI Acet-Sumatera Utara (Sumut).

“Kejurnas ini menjadi pengalaman berharga. Kita mendapat arahan khusus terkait persiapan lifter-lifter untuk tampil di ajang pra kualifikasi PON tahun 2023 nanti,” pungkas Reda.

Pada Kejurnas Angkat Berat yang berlangsung 23-29 Oktober 2022 di Pringsewu, Lampung, PABERSI Papua mengirimkan 8 atlet binaannya, terdiri dari 4 atlet senior putra, 3 atlet junior putra dan 1 atlet putri junior.

Ke-8 atlet yang berlaga di iven Kejurnas tersebut yakni atlet senior, Daud Asaribab kelas 66kg, Yosua Yeninar kelas 83kg, Christo Waromy kelas 93kg dan Zakeus Wakum dikelas 120kg. Atlet Junior antara lain Luis Lokobal kelas 59kg, Agus Maryen kelas 74Kg dan Arnil Lokobal kelas 83kg.

Reporter: Vidi
Editor: Sevianto

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.