Lima Puskesmas di Timika Tambah Jam Pelayanan Kini Buka Sampai Sore

Puskesmas Timika
Puskesmas Timika (Dok SP)

TIMIKA | Lima Puskesmas di wilayah Kota Timika sejak 1 Agustus 2022 telah membuka pelayanan sampai jam 5 sore atau pukul 17.00 WIT.

Lima Puskesmas ini yaitu Puskesmas Timika, Puskesmas Timika Jaya, Puskesmas Wania, Puskesmas Pasar Sentral dan Puskesmas Jile Ale.

Kepala Puskesmas Timika, dr Mozes Untung menjelaskan, tambahan jam pelayanan sampai jam 5 sore ini dilaksanakan sesuai arahan Kepala Dinas Kesehatan, Reynold Ubra.

Sebelumnya pelayanan di Puskesmas hanya sampai jam 1 siang.

Pelayanan hingga sore ini dibuka untuk semua jenis pelayanan mulai dari pendaftarannya, pemeriksaan dokter, rekam medis, pemeriksaan Lab dan layanan apotik.

“Jadi sebenarnya sama saja dengan pelayanan pagi,” kata dr. Mozes saat diwawancara di Hotel Horison Diana, Kamis (11/8/2022).

dr Mozes mengimbau kepada masyarakat jika ingin memeriksa kesehatan di Puskesmas, untuk menghindari keramaian di pagi hari bisa di siang atau sore hari karena layanannya sama.

Salah satu tujuan dilakukan ini ialah untuk meningkatkan cakupan Puskesmas.

“Dan juga meningkatkan kualitas layanan dengan pasien bebas memilih mau jam berapa. Selama ini kan pasien di paksa datang pagi karena layanan kita sampai jam 1 siang,” ungkapnya.

Untuk tenaga yang ada di Puskesmas Timika juga kata dia masih sangat cukup karena diarahkan untuk mobile.

Mulai hari Senin sampai Kamis pelayanan dibuka sampai jam 5 sore, sedangkan hari Jumat dan Sabtu sampai jam 4 sore.

Dengan pelayanan yang lebih lama ini diharapkan bisa menjadi pintu untuk mendeteksi semua kasus-kasus yang kemungkinan bisa menjadi permasalahan dan berhubungan langsung dengan mutu Puskesmas.

“Misalnya seperti penyakit menular dan tidak menular, sehingga pasien yang dengan penyakit kronis sekarang dengan BPJS tidak perlu ragu karena pelayanan sudah sampai sore, karena selama ini mereka terbatas sampai jam 1,” tuturnya.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.