Loka POM Mimika Serahkan 19 Nomor Izin Edar untuk Tiga Pelaku Usaha

Pelaksanaan bimtek dan penyerahan NIE oleh Loka POM di Hotel Horison Diana. Selasa (13/6/2023). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Pelaksanaan bimtek dan penyerahan NIE oleh Loka POM di Hotel Horison Diana. Selasa (13/6/2023). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Loka POM Mimika, Papua Tengah, menyerahkan 19 Nomor Izin Edar (NIE) untuk tiga pelaku usaha di Mimika. Penyerahan berlangsung di Hotel Horison Diana, Selasa (13/6/2023).

Kepala Loka POM Mimika Marselino Paepadaseda mengatakan, NIE yang diserahkan kepada tiga pelaku usaha ini dua diantaranya ialah pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM).

Marselino mengatakan, penyerahan ini adalah wujud dari komitmen Badan POM dalam mendukung pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk.

Selain itu, ini juga agar membuat pelaku usaha lebih memahami peraturan perundang-undangan dalam hal produksi pangan olahan yang baik.

Dengan penyerahan NIE ini, Badan POM akan terus melakukan pengawasan pre dan post market.

“Pada saat izin edar diterbitkan berarti produk ini masuk ke pasar, nah di pasar inilah yang kami lakukan pengawasan,” kata Marcelino.

Pengawasan yang dilakukan berkaitan dengan komitmen dan konsistensi para pelaku usaha memproduksi produk pangan masih sesuai dengan persyaratan, dan peraturan yang diterapkan atau ada penyimpangan.

“Jika dikemudian hari kita temukan penyimpangan, maka beberapa sanksi-sanksi akan kami terapkan mulai dari sanksi administrasi sampai dengan sanksi yang lainnya,” jelasnya.

Marcelino menyebut, di tahun sebelumnya ada dua pelaku usaha kopi yang masing-masing diberikan 10 izin edar, dan satu pengusaha obat tradisional yang mendapatkan izin edar.
Ijin edar yang diberikan ini berlaku lima tahun.

Pada kesempatan ini, Loka POM juga memberikan pelatihan penerapan cara produksi pangan olahan.

“Pelaku usaha yang hadir disini adalah pelaku usaha yang akan kami dampingi untuk mendapatkan izin edar di periode berikutnya,” ujarnya.

Diharapkan, para pelaku usaha terus meningkatkan produk makanan atau obat yang diproduksi untuk meningkatkan daya saing tidak hanya di lokal, tapi juga di nasional.

penulis : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan