Lurah Wanagon Gratiskan Iuran Sampah untuk Warganya

Kepala Kelurahan Wanagon, Yance Buinei. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Kepala Kelurahan Wanagon, Yance Buinei. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika Baru, Yance Buinei mengungkapkan warga di wilayah itu dibebaskan dari membayar iuran sampah.

Yance menjelaskan, sejak satu bulan terakhir program penjemputan sampah sudah berjalan di hampir semua lingkungan kelurahan.

Sejak program ini dijalankan, terlihat sudah tidak ada lagi sampah-sampah yang bertumpuk di jalan-jalan lingkungan mulai Jalan Jeruk SP 2 sampai ke Jalur 4.

“Masyarakat juga menerima dengan baik apa yang sudah diprogramkan oleh kami di pihak kelurahan,” kata Yance saat diwawancara di sekitaran Jalan Yos Sudarso, Timika, Senin (1/8/2022).

Masyarakat dalam program ini diwajibkan untuk mengemas sampah di dalam kemasan plastik lalu diletakkan di depan rumah.

Petugas dari kelurahan akan mengambil langsung sampah saat menjemput sampah dengan menggunakan mobil jenis pickup.

“Penjemputan sampah itu langsung dibayar oleh Kelurahan Wanagon, jadi tidak dibebankan kepada masyarakat jadi gratis,” jelas Yance.

Kelurahan Wanagon mengeluarkan anggaran sebesar Rp8 juta satu bulan untuk membayar sewa mobil dan juga tenaga yang menjemput sampah.

“Kami tidak dapat motor tiga roda jadi mobil pick up ini kami sewa untuk pengangkutan sampah,” katanya.

Lebih lanjut, berdasarkan data yang tersedia Yance menyebut ada sekitar 6 ribu kepala keluarga, dan pelayanan penjemputan sampah ini masih terus disosialisasikan.

Selain pelayanan dari kelurahan ini, Yance mengungkapkan ada juga warga yang membayar kepada motor yang menjemput sampah.

“Ini kami baru masuk dengan mobil jadi banyak masyarakat baru tahu, sehingga mungkin ke depan kami akan tambah armada,” katanya.

Ia menambahkan, menyambut 17 Agustus ini pihak kelurahan juga sudah mengajak masyarakat di setiap RT untuk membersihkan lingkungan masing-masing.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.