Mabes Polri Lakukan Penelitian Lokasi Pembangunan Kantor Polda Papua Tengah

Tim Pusat Penelitian Pembangan (Pus Litbang) Mabes Polri saat meninjau lokasi Kantor Polda Papua Tengah, di Kampung Karadiri II, Distrik Nabire Barat, Nabire, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Ist)
Tim Pusat Penelitian Pembangan (Pus Litbang) Mabes Polri saat meninjau lokasi Kantor Polda Papua Tengah, di Kampung Karadiri II, Distrik Nabire Barat, Nabire, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Ist)

TIMIKA | Tim Pusat Penelitian Pembangunan (Pus Litbang) Mabes Polri lakukan penelitian lokasi pembangunan kantor Polda Papua Tengah, di Kampung Karadiri II, Distrik Nabire Barat, Nabire, Kamis (1/12/2022) 2022.

Tim Pus Litbang Polri yang dipimpin oleh Ketua Tim Kombes Pol Endro Sulaksono melakukan penelitian lokasi dalam rangka percepatan pembangunan kantor Polda Papua Tengah di Nabire.

Kombes Pol Endro Sulaksono mengatakan, pihaknya akan secepatnya membuat plakat atau plang dan dokumen sertifikat untuk keamanan dan kelengkapan administrasi.

“Agar Bagren selalu ada progres, baik rencana, hasil, apakah berupa pembentukan Pos Pol, Polsubsektor maupun penaikan tipe Polsek, serta Polresta. Karena Bagren, tidak ada istirahat dalam pembenahan kesatuan maupun jajaran,” katanya.

Selain itu, Tim Pus Litbang Mabes Polri berkesempatan meninjau lokasi bandara baru Nabire di Kampung Bumi Mulia SP C, Distrik Nabire Barat.

Tidak hanya itu, Tim Pus Litbang Mabes Polri juga melakukan audiensi dengan beberapa pejabat utama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nabire di RM. Sari kuring, Jalan Jakarta.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Nabire Herman Kayame, Kepala dinas PU Nabire Martinus Makai, Kepala BKPSDM Nabire Johanis Pigome, Kepala BPKAD Wiliam Sembor, Kepala Bapeda Mukayat dan Kepala Sat Pol PP AKP Burhanuddin P.

Selain itu, pejabat utama Polres Nabire mendampingi Tim Pus Litbang Mabes Polri, Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya, Kabag Ren Res Nabire AKP Nasruddin, Kasat Intelkam Res Nabire AKP I Made Sudarman, dan Kasubbag Strajemen RB Bag Ren Iptu Hati Manurung.

Pokok audensi tersebut dilakukan untuk meminta dukungan dari Pemda Kabupaten Nabire dalam pembentukan Polda Papua Tengah.

Herman Kayame mengatakan dirinya sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Nabire mendukung percepatan pembentukan Polda Papua Tengah, dalam rangka mewujudkan kamtibmas serta peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan.

Tidak hanya itu, Tim Pus Litbang Mabes Polri juga melakukan audiensi bersama dengan tokoh masyarakat Nabire diantaranya Ketua Dewan Adat Papua (DAP) wilayah Meepago Herman Sayori dan tokoh masyarakat suku Dani Pdt. Petrus J. Asso, S.Th, bertempat diruang kerja Kapolres Nabire.

Audensi tersebut juga meminta dukungan dari Ketua Dewan Adat Papua wilayah Meepago dan tokoh masyarakat Kabupaten Nabire dalam pembentukan Polda Papua tengah di Provinsi Papua Tengah.

“Saya Herman Sayori sebagai Ketua Dewan Adat Papua Reprentasi Wilayah Meepago mendukung percepatan rencana pembentukan Polda Baru di Papua Tengah dalam rangka mewujudkan kamtibmas dan peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Kegiatan akan dilanjutkan untuk melakukan audensi dengan perwakilan DPRD Nabire bersama Tim Pus Litbang Mabes Polri.

Tanggapi Berita ini
reporter : Arifin Lolialang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.