Madaremmeng Gantikan Sugiarto sebagai Penjabat Sekda Papua Selatan

Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo melantik Madaremmeng sebagai Pj Sekretaris Daerah Provinsi Papua Selatan di Gedung Negara Kantor sementara Gubernur Papua Selatan, Merauke, Kamis (1/12/2022).
Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo melantik Madaremmeng sebagai Pj Sekretaris Daerah Provinsi Papua Selatan di Gedung Negara Kantor sementara Gubernur Papua Selatan, Merauke, Kamis (1/12/2022).

MERAUKE | Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo melantik Madaremmeng sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Selatan di Gedung Negara Kantor sementara Gubernur Papua Selatan di Jalan Trikora, Merauke pada Kamis (1/12/2022).

Madaremmeng yang juga menjabat Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri diangkat dan dilantik sebagai Sekda Provinsi Papua Selatan menggantikan penjabat sebelumnya Sugiarto.

Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo menyatakan bahwa pelantikan penjabat Sekda untuk mendorong serta mengefektifkan roda pemerintahan dan pelayanan masyarakat di Provinsi Papua Selatan yang baru dibentuk pada 25 Juli 2022.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Menteri Dalam Negeri yang telah menunjuk Pejabat Sekda Provinsi Papua Selatan, yang hari ini dilantik,” kata Safanpo mengawali sambutannya.

Pj Gubernur Apolo Safanpo menjelaskan, untuk membentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintahan yang baru tersebut harus memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) tentang kelembagaan.

Pergub dimaksud meliputi nomenklatur OPD dan jumlah perangkat daerah yang akan dimiliki Provinsi Papua Selatan.

“Untuk itu setiap lembar Pergub tersebut harus diparaf oleh Sekda, baru ditandatangani oleh kepala daerah. Setelah itu akan diundangkan oleh Sekda, selanjutnya barulah kita melakukan seleksi jabatan,” kata Safanpo.

Dengan diterbitkan Pergub tentang kelembagaan, kata Safanpo, proses seleksi, pengangkatan dan penetapan pejabat OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Papua Selatan dapat dilakukan.

“Oleh karena itu dengan dilantiknya Penjabat Sekda kita harapkan seluruh proses-proses administrasi maupun proses-proses yang lain segera mungkin dilaksanakan. Dengan demikian kita bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Papua Selatan ini secara optimal,” imbuhnya.

Prosesi pelantikan Penjabat Sekda Provinsi Papua Selatan Madaremmeng dihadiri sejumlah pejabat, diantaranya Bupati Asmat Elisa Kambu, Bupati Boven Digoel Hengki Yaluwo, Danlantamal XI Brigjen TNI  Gatot Mardiyono, Danlanud J. A Dimara Kolonel Feri Yunaldi serta unsur muspida setempat.

Reporter: Emanuel
Editor: Aditra

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.