Mahasiswa Kedokteran di Jayapura Positif Covid-19 dengan Komorbid Meninggal

dr. Silwanus Sumule
dr. Silwanus Sumule

TIMIKA | Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih (Uncen) yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan komorbid (penyakit bawaan) gagal ginjal kronis meninggal dunia.

Pasien tersebut berinisial T, laki-laki, usia 29 tahun, sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Dok II Jayapura, Papua, dari tanggal 16 hingga 24 Juni 2020.

Pada tanggal 24 Juni itu, pihak keluarga meminta agar pasien sementara dibawa pulang ke rumah. Namun, Satgas Covid-19 Papua mendapat laporan bahwa pasien telah meninggal pada tanggal 26 Juni.

“Pasien mempunyai penyakit bawaan yaitu gagal ginjal kronis. Setelah ditangani tim medis di RS Dok II, pasien juga terdiagnosis terinfeksi Covid-19,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua dr. Silwanus Sumule, Minggu (28/6).

dr. Sumule menerangkan, pasien tersebut memang sudah lama menderita penyakit ginjal. Kondisi kesehatannya turun naik. Beberapa kali tim dokter melakukan tindakan hemodialisis (cuci darah).

Kondisi pasien kemudian diperparah dengan infeksi Covid-19, virus corona jenis baru yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini bisa menyebabkan infeksi ringan hingga berat seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

“Sudah dilakukan upaya maksimal untuk kesembuhannya. Namun Tuhan berkehendak lain,” kata Sumule.

Sumule mewakili Satgas Pengendalian Infeksi Covid-19 Provinsi Papua menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya pasien tersebut.

“Kami percaya Tuhan yang memberi hidup dan penghidupan akan memberikan penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan,” tuturnya.

Hingga Minggu (28/6), Satgas Covid-19 Provinsi Papua mencatat 1.682 kasus positif, 824 masih dirawat, 841 telah dinyatakan sembuh, dan 17 meninggal dunia.

Virus bernama Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menyebabkan penyakit Covid-19 itu telah menginfeksi warga di 17 kabupaten/kota Provinsi Papua.

 

Reporter: Sevianto Pakiding
Editor:Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar