Mahasiswa Penerima Beasiswa YPMAK Dilarang Cuti Kuliah, Harus Selesai Sesuai Target

MAHASISWA | Mahasiswa peserta beasiswa YPMAK yang kuliah di IKOPIN University saat mendengar arahan. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
MAHASISWA | Mahasiswa peserta beasiswa YPMAK yang kuliah di IKOPIN University saat mendengar arahan. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

BANDUNG |  Mahasiswa penerima beasiswa Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro ( YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI) dilarang cuti kuliah jika tidak ada hal mendesak.

“Kami larang untuk ambil cuti kuliah, apabila tidak mendesak. Tujuannya, agar anak-anak ini bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu. Karena kalau ada yang lebih 5 tahun akan kami putus dan harus biaya sendiri,” tegas Kepala Divisi Pendidikan YPMAK, Feri Magai Uamang saat melakukan Monitoring Evaluasi (Monev) di IKOPIN University, Sumedang, Jawa Barat, Senin (29/8/2022).

Penegasan larangan mahasiswa cuti kuliah agar bisa menyelesaikan studinya sesuai target lima tahun. “Karena, kalau lebih dari 5 tahun mana langsung dihentikan,”ujarnya.

Agar aturan YPMAK ini berjalan baik, Feri meminta dukungan mitra-mitra pendidikan agar mahasiswa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu.

“Saya sudah tekankan kepada mitra, untuk dukung kebijakan baru ini,” ujarnya.

Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Pemasaran IKOPIN University, Dr. Indra Fahmi, M.Si mengatakan, sampai saat ini IKOPIN dipercaya oleh YPMAK untuk mendidik 62 mahasiswa peserta program beasiswa, namun saat ini masih ada sebagian yang berada atau pulang ke Mimika,  karena adanya Covid-19 beberapa waktu lalu.

“Kami akui, selama 2 tahun ini kegiatan kemahasiswaan terbatas, akibat Covid-19. Namun demikian, kami tetap melakukan kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara online,” katanya.

Namun, untuk September 2022 ini, IKOPIN mulai melakukan offline, sehingga kegiatan perkuliahan bisa kembali dan lebih berkualitas. Ini bentuk komitmen dari IKOPIN sebagai mitra pendidikan, dengan terus memberikan perkuliahan, life skill, ekstrakurikuler, dan lainnya. 

Selain itu, pihaknya akan terus memantau perkembangan para mahasisqa dan memperketat absensi untuk mengetahui tingkat kehadiran dan bisa dilaporkan kepada YPMAK.

“Ya intinya sebagai mitra pendidikan kami sangat apresiasi dan akan terus berkomunikasi guna membangun penyesuaian terhadap program yang ada.Tidak hanya perkuliahan tapi juga aktifitas dan dukungan kepada mahasiswa,” ungkapnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.