Makin Antusias, Ternyata Registrasi Subsidi Tepat MyPertamina Bisa dari Rumah

Proses registrasi Subsidi Tepat MyPertamina di booth registrasi yang berada di Pasar Sentral Timika. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Proses registrasi Subsidi Tepat MyPertamina di booth registrasi yang berada di Pasar Sentral Timika. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Masyarakat khususnya pengguna kendaraan roda 4 keatas di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, hingga Sabtu kemarin, 23 Juli 2022, masih antusias mendaftarkan atau meregitrasi kendaraan mereka secara offline di Booth Registrasi Subsidi Tepat MyPertamina berlokasi di Terminal Pasar Sentral Timika, Jalan Hasanuddin.

Antusias pengguna kendaraan ini menyusul upaya sosialisasi yang terus dilakukan pihak Pertamina terkait Subsidi Tepat MyPertamina.

Yangmana kedepannya, hal ini akan diterapkan dengan tujuan utama agar subsidi dari Pemerintah bisa tepat sasaran kepada masyarakat yang benar-benar berhak.

Sales Branch Manager IV Papua PT Pertamina Patra Niaga, Nanda Septiantoro menjelaskan, booth-booth registrasi yang disiapkan saat ini adalah untuk membantu masyarakat melakukan pendataan atau pendaftaran secara offline. Sekaligus membantu masyarakat yang belum memahami bagaimana cara mendaftar secara online menggunakan handphone atau gadget yang dimiliki, dan menjelaskan atau memberikan pemahanan terkait Subsidi Tepat MyPertamina.

Memang diakui Nanda, ada banyak masyarakat yang sebenarnya sudah paham dan bisa melakukan registrasi secara online dan mandiri dari mana saja, namun karena penasaran, akhirnya mereka mendatangi booth registrasi yang telah disiapkan Pertamina.

“Hari ini lumayan banyak nih. Yang registrasi hari ini ada sekitar 250 kendaraan, dan itu sebagian mereka beranggapan bahwa daftarnya di booth itu, padahal bisa online dari rumah. Jadi booth-booth registrasi itu sebenarnya bagi yang offline atau yang belum paham tentang dunia digital, disitulah kita bantu untuk menjelaskan dan registrasi,” jelasnya.

Nanda menjelaskan bagaimana melakukan registrasi dengan cara online dan dapat dilakukan dimana saja termasuk dari rumah.

Registrasi untuk kendaraan pribadi roda 4 keatas, dilakukan melalui website subsiditepat.mypertamina.id baik menggunakan perangkat komputer, laptop maupun gadget atau handphone.

Untuk kendaraan atau penggunaan pribadi, terdapat 5 jenis didalam website subsiditepat.mypertamina.id, mulai jenis pribadi, komersial barang, komersial penumpang, hingga layanan umum dan non kendaraan.

Jenis pribadi digunakan untuk kepentingan pribadi atau kebutuhan sehari-hari. Dokumen yang disertakan yaitu foto KTP, foto diri, dan foto kendaraan tampak depan serta tampak samping agak serong.

Kemudian terdapat 2 jenis kendaraan komersial, yakni kendaraan untuk barang dan penumpang.

Komersial barang adalah kendaraannya yang digunakan untuk mengangkut barang-barang, seperti pick up maupun truk, baik roda 4 atau roda 6. Dokumen yang disertakan juga sama seperti kendaraan jenis pribadi.

Untuk kendaraan komersial penumpang adalah kendaraan yang kegunaannya untuk mengangkut orang atau penumpang, baik itu transportasi online maupun non trayek.

“Kalau ada gojek dan sejenisnya disini, bisa pilih transportasi online. Kalau untuk transportasi angkot kemudian bus, itu bisa memilih jenisnya yang trayek. Kalau yang rental itu bisa memilih transportasi non trayek,” jelas Nanda.

Sedangkan untuk kendaraan-kendaraan layanan umum, seperti yang diatur dalam Perpres 191, misalnya kendaraan ambulans, kendaraan damkar, maupun truk pengangkut sampah.

Terakhir, registrasi untuk jenis non kendaraan. Non kendaraan ini yang dimaksud adalah nelayan maupun UMKM. Dokumen yang disertakan dalam registrasi adalah foto KTP, foto diri, dan foto surat rekomendasi dari dinas atau instansi terkait.

“Contoh untuk nelayan, itu minta surat rekomendasi di dinas kelautan dan perikanan. Kalau untuk transportasi sungai atau laut, itu bisa ke dinas perhubungan. Terus untuk UMKM, itu bisa ke Diskoperindag, begitu juga untuk pertanian dan perikanan, pokoknya instansi terkait,” katanya.

Proses pendaftaran atau registrasi ini, masih terus berlangsung, meski penerapan Subsidi Tepat MyPertamina sudah diterapkan.

“Dalam waktu bulan ini sampai bulan Agustus nanti, kira-kira tuh masih dilakukan pendaftaran dulu. Untuk implementasi masih menunggu arahan dari pusat,” pungkasnya.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.