Manajemen Diana Laporkan Penyebar Disinformasi Konten Terkait Isu Corona

DISINFORMASI | Foto berita yang dimuat portal makancuy.today merupakan foto milik portal seputarpapua.com.
DISINFORMASI | Foto berita yang dimuat portal makancuy.today merupakan foto milik portal seputarpapua.com.

TIMIKA | Manajemen Diana Shopping Center Timika melaporkan penyebar sebuah artikel yang memakai gambar di pusat perbelanjaan tersebut terkait dengan isu virus corona.

Sebuah artikel dimuat di makancuy.today pada 20 Mei 2020 dengan judul “Rela Berjubel Demi Belanja Ke Mall, Kini Para Pembeli Cemas, Seorang Kasir Terbukti Positif Corona”.

Artikel itu sebenarnya memuat informasi tentang salah satu kasir mall di Medan dinyatakan positif virus corona. Namun, website tanpa penanggungjawab tersebut memuat gambar di kasir Diana Supermarket, yang berkedudukan di Kota Timika, Mimika, Papua.

Foto ini diambil dari portal berita resmi Seputarpapua.com yang dimuat sejak 21 Maret 2020 untuk berita dengan judul “Penjelasan Pengusaha soal Kekosongan Hand Sanitizer dan Masker di Timika”.

Ironisnya, sejumlah orang telah membagikan artikel yang dimuat makancuy.today tersebut di media sosial, beberapa mem-framing seolah-olah salah satu kasir di Diana Supermarket Timika telah terinfeksi virus corona.

 

Foto asli yang dimuat Seputarpapua pada 21 Maret 2020
Foto asli yang dimuat Seputarpapua pada 21 Maret 2020

 

Direktur Unit Usaha Diana Shopping Center Timika, Lina, mengatakan pihaknya sangat dirugikan lantaran isi artikel menyangkut virus corona di Medan, namun dikaitkan dengan gambar di Diana Shopping Center.

“Kami akan menyelesaikan ke jalur hukum bagi akun yang telah menyebarkan berita ini. Tadi saya sudah sampaikan ke pihak berwajib. Besok tinggal buat laporannya,” kata Lina kepada Seputarpapua.com, Jumat (22/5).

Lina mengatakan, hal semacam ini perlu ditindak lanjuti ke jalur hukum agar tidak terjadi permasalahan serupa dan merugikan pihak lain di kemudian hari.

“Kalo tidak (dilaporkan), besok-besok ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seenaknya buat berita negatif,” katanya.

Ia memastikan, hingga kini tidak ada karyawan di Diana Shopping Center yang terpapar virus corona atau Covid-19.

“Karyawan kami terutama kasir dari awal sosialisasi selalu menggunakan pelindung lengkap (masker, sarung tangan dan kaca mata safety), serta menjaga jarak dengan customer,” jelasnya.

Redaksi Seputarpapua juga merasa telah dirugikan oleh pengelola makancuy.today yang telah mengambil hak cipta berupa foto, terutama di sebuah portal berita resmi tanpa izin.

Redaksi Seputarpapua meminta pengelola website tersebut segera meminta maaf dan bertanggungjawab di depan hukum karena telah merugikan pihak lain.

 

Reporter: Sevianto Pakiding
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar