Mandi Sore di Pinggir Kali Asmat, Pria Hanyut Ikut Gayungnya

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Seorang pria 19 tahun bernama M. Hosim dilaporkan hanyut saat mandi sore di pinggir sungai Kampung Cumnew, Distrik Akat, Asmat, Papua pada Rabu (17/8/2021).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George Randang menjelaskan, laporan tersebut baru diterima pihaknya melalui Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat pada Kamis (19/08/2021) pukul 07.10 WIT.

“Menerima laporan dari Bapak Hasyim, keluarga korban bahwa ada salah seorang rekannya bernama Hosim sedang mandi bersama rekannya di pinggir sungai,” ujar George dalam keterangan tertulis, Kamis.

Peristiwa itu, menurutnya terjadi pukul 17.30 WIT.

Jelaskan, saat Hosim sedang mandi, gayung (timba) air yang ia gunakan terjatuh dan terbawa arus sungai. Melihat gayungnya jatuh, korban langsung melompat ke sungai untuk mengambil gayung tersebut.

“Namun disayangkan ternyata malah korban ikut terseret arus sungai, rekan korban sudah berusaha menolong korban namun dikarenakan arus yang sangat kuat korbanpun hanyut dan tenggelam,” ungkap George.

Upaya yang dilakukan dari rekan-rekan korban pada sore hingga malam hari, menurut George, tidak membuahkan hasil.

Setelah melakukan pendalaman informasi dan Menerima laporan tersebut, George pun memberangkatkan Tim Sar Gabungan lewat Koordinator Pos SAR Asmat.

Para personil terdiri dari Rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat, TNI AL, POL AIRUD, dan keluarga korban menggunakan RIB 85 PK Milik Basarnas.

“Hingga berita (laporan) ini diturunkan tim Sar Gabungan masih melakukan pencarian,” terang George.

George juga mengimbau masyarakat yang beraktifitas di sekitar perairan agar selalu mengutamakan keselamatan dengan menggunakan alat-alat bantu apung.

“Seperti life jacket dan selalu memperhatikan kondisi cuaca maupun arus sungai demi keamanan dan keselamatan bersama,” pungkasnya.

reporter : Yonri
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.