Mari Ciptakan Pemilu yang Aman dan Damai

Ilustrasi
Ilustrasi

Oleh: Rantika Putri

Pemilihan umum atau pemilu merupakan proses memilih seseorang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Jabatan tersebut beraneka ragam, mulai dari jabatan presiden/eksekutif, wakil rakyat/legislatif di berbagai tingkat pemerintahan, sampai kepala desa.

Pemilu di Indonesia memiliki fungsi utama untuk menghasilkan kepemimpinan yang benar-benar mendekati kehendak rakyat. Seperti yang kita tahu, pemilu merupakan salah satu sarana legitimasi kekuasaan, Indonesia sendiri dikenal di dunia sebagai negara demokratis yang adil, jujur, damai.

Pemilu dapat dikatakan aspiratif dan demokratis apabila memenuhi beberapa persyaratan yaitu: Pertama, pemilu harus bersifat kompetitif, dalam artian peserta pemilu harus bebas dan otonom. Kedua, pemilu yang diselenggarakan secara berkala, dalam artian pemilu harus diselenggarakan secara teratur dengan jarak waktu yang jelas. Ketiga, pemilu harus inklusif, artinya semua kelompok masyarakat harus memiliki peluang yang sama untuk berpartisipasi dalam pemilu.

Tidak ada satu pun kelompok yang diperlakukan secara diskriminatif dalam proses pemilu. Keempat, pemilih harus diberi keleluasaan untuk mempertimbangkan dan mendiskusikan alternatif pilihannya dalam suasana bebas, tidak di bawah tekanan, dan akses memperoleh informasi yang luas. Kelima, penyelenggara pemilu yang tidak memihak dan independen.

Adapun hak warga negara dalam pemilu yaitu setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hak warga negara yaitu hak yang melekat pada diri manusia dalam kedudukannya sebagai warga dari sebuah negara.

Seorang diplomat asal Australia Gary Quinlan ia adalah duta besar Australia untuk Indonesia. Ia mengutarakan pujiannya lewat media sosial Twitter dengan postingan yang mengatakan bahwa betapa kagumnya dia terhadap demokrasi Indonesia yang tercermin lewat pemilihan umum. Dengan adanya apresiasi dari negara lain dapat dikatakan bahwa Indonesia merupakan inspirasi bagi banyak negara lain.

Berdasarkan yang telah dipaparkan mengenai pemilu tersebut, tujuan umum dari penulisan ini yaitu agar kita sebagai masyarakat atau warga negara memiliki pemahaman terkait pemilihan umum karena dengan keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan umum ini, dapat menunjukan semakin kuatnya tatanan demokrasi dalam negara kita dan mari kita ciptakan pemilu yang aman dan damai untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

 

Penulis adalah mahasiswi Program Studi Hubungan Internasional di Universitas Cenderawasih

Ditinjau oleh: Sevianto Pakiding

(Opini merupakan pendapat atau gagasan penulis yang dikirim ke Redaksi Seputar Papua. Keseluruhan konten menjadi tanggungjawab penulis)

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.