Masyakat Kini Bisa Peroleh Data Base Kabupaten Mimika dengan Mudah

DATA | Peresmian profil data base oleh Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk bersama Plt Bupati Mimika dan Kepala Bappeda Mimika pada HUT Korpri. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
DATA | Peresmian profil data base oleh Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk bersama Plt Bupati Mimika dan Kepala Bappeda Mimika pada HUT Korpri. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Masyarakat kini bisa mengakses dan memperoleh data base Kabupaten Mimika, Papua Tengah, dengan mudah.

Data ditampilkan dalam sebuah mesin ini diresmikan Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk bersama Plt Bupati Mimika Johannes Rettob pada peringatan HUT Korpri, Jumat (29/11/2022).

Kepala Bappeda Mimika, Yohanna Paliling menjelaskan, yang diluncurukan ini ialah profil data base Kabupaten Mimika yang ditampilkan pada alat dengan fitur touch screen dan dioperasikan secara online.

Data yang ditampilkan ini berisi data pembangunan, data makro termasuk potensi daerah dari segala bidang, infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya.

“Ini maksudnya supaya orang yang butuh data bisa langsung akses disitu, lebih mudah,” kata Yohanna di Timika, Kamis (1/12/2022).

Sasaran utama dari peluncuran data ini ialah untuk masyarakat secara luas terutama bagi dunia usaha.

Saat ini, alat yang dimiliki Pemkab Mimika baru empat unit dan akan ditempatkan di beberapa tempat, diantaranya dua unit di Terminal Bandara Mozes Kilangin, satu unit di Kantor Pusat Pemerintah dan satu di Kantor Bappeda Mimika.

“harapannya ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Di Bandara itu kan dimanfaatkan selagi menunggu waktu berangkat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yohanna menyebut sudah melatih 12 operator untuk mengoperasikan, mengelola dan mengupdate data secara berkala sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

Ia mengakui ada beberapa data yang belum masuk dalam sistem.

“Nanti akan ditambah item data apa saja yang dibutuhkan masyarakat di Mimika,” katanya.

Yohana menambahkan, kedepan akan ditambah lagi alatnya dan direncanakan akan ditempatkan seperti di RSUD dan tempat umum lainnya.

“Tapi harus kita perhatikan karena alat ini ya harus ditempatkan di tempat yang tidak terlalu panas dan yang pasti aman,” tambahnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.