Masyarakat Adat Iwaka Gugat PT PAL ke Pengadilan Negeri Timika

PT PAL, masyarakat Iwaka, Kabupaten Mimika
SPANDUK | Spanduk yang dipasang pemilik hak ulayat Iwaka di area PT PAL. (Foto : Ist/SP)

TIMIKA | Masyarakat adat Iwaka, di Mimika, Papua, Senin (28/9) mendaftarkan gugatan terhadap PT Pusaka Argo Lestari (PAL) ke Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika.

Pendaftaran gugatan ini dilakukan oleh kuasa hukum ADVOCATE & LEGAL CONSULTAN Marvey Daengubun melalui e-court.

Syarifudin selaku Anak Adat Iwaka mengatakan, gugatan mereka ini menyangkut wanprestasi yang dilakukan oleh PT PAL.

“Hari ini, kami (masyarakat adat Iwaka) mendaftarkan gugatan ke PN Timika melalui kuasa hukum,” kata Syarifuddin yang menghubungi seputarpapua.com melalui telepon selulernya, Senin.

Kata dia, gugatan wanprestasi diajukan, karena selama beroperasi PT PAL tidak melaksanakan kesepakatan yang sudah dibuat dan ditandatangani dalam surat perjanjian bersama nomor 0764/HR-GA/PT.PAL/IV-2013 dan nomor 001-SPK/KOP-BBY/IWK-KK/IV/2013, antara PT PAL dengan koperasi peran serta masyarakat Buy Bau Yamane tentang pembangunan perkebunan kelapa sawit pola kemitraan.

“Ada beberapa pasal yang dinilai dilanggar oleh PT PAL. Sehingga masyarakat Ulayat Iwaka ini sangat dirugikan,” katanya.

IKLAN-TENGAH-berita

Ia menerangkan, dalam surat perjanjian tersebut, salah satu kewajiban yang paling utama dari tergugat adalah mendirikan dan atau menyediakan pabrik pengolahan TBS menjadi Crude Palm Oil (CPO) di lahan perkebunan atau sekitarnya.

Namun, yang terjadi kebun kelapa sawit telah berproduksi selama kurang lebih tiga tahun, tetapi tergugat tidak pernah membeli hasil Tandan Buah Segar (TBS) milik Para Penggugat.

“Pendirian pabrik pengolahan TBS menjadi CPO menjadi hal yang sangat penting dan mendasar dari keseluruhan perjanjian. Mengingat seluas dan sebanyak apapun produksi kelapa sawit yang dipanen, jika tidak ada pabrik pengelolahannya, maka sia-sia dan tidak memberikan manfaat apapun bagi pemilik lahan,” katanya.

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar