Masyarakat Jalan Kaki antar Jenazah Tom Beanal, ada Pernyataan Presidium Dewan Papua

Prosesi penyerahan Jenazah dari Tokoh Masyarakat kepada dewan PDP yang diwakili oleh Thaha Alhamid. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)
Prosesi penyerahan Jenazah dari Tokoh Masyarakat kepada dewan PDP yang diwakili oleh Thaha Alhamid. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Jenazah Tom Beanal diberangkatkan dari persemayaman di Kapel Jhon Philip di Gedung Keuskupan Bobaigo menuju ke Katedral Tiga Raja diikuti oleh ratusan masyarakat yang berjalan kaki, Sabtu (3/6/2023).

Menurut pantauan seputarpapua.com, di Kapel John Philip sebelum pelepasan dilakukan penyerahan dari keluarg, ke masyarakat yang diwakili tokoh-tokoh, kemudian diserahkan kepada Presidium Dewan Papua (PDP) diwakili oleh Thaha Alhamid untuk diserahkan kepada pihak keuskupan sebelum dilakukan ibadah Misa Requem (Arwah) di Katedral Tiga.

Dalam prosesi penyerahan tersebut Pendeta Emerikus Herman selaku Ketua Ex Comisio PDP sebelum menyerahkan jenazah kepada keuskupan membacakan pernyataan PDP yang berisi bersyukur kepada Tuhan karena sudah memberikan Tom Beanal sebagai pemimpin Papua yang menjaga keadaan, keamanan dan ketertiban.

“Kedua ucapan terima kasih kepada Mama Beanal dan keluarga inti dan Suku Amungme dan tujuh suku besar lainnya yang telah mengijinkan Tom Beanal sebagai ketua presidium Dewan Papua dan Ketua Dewan Adat Papua, dan Pemimpin bangsa Papua pada saat reformasi hingga akhir hayatnya di Singapura,” katanya.

“Ketiga bahwa sampai saat ini PDP masih eksis dan akan terus mengembangkan amanat rakyat yang disampaikan pada kongres rakyat Papua II pada tahun 2000 lalu,” lanjutnya.

PDP bersama dengan komponen perjuangan bangsa Papua lainnya berkomitmen akan terus meneruskan perjuangan, misi dan visi Tom Beanal.

“Mendukung sepenuhnya pendirian Tom Beanal Center guna pendidikan dan pengajaran generasi baru Papua dalam memperjuangkan visi Tom dan Misi bangsa Papua,” tutupnya.

 

Usai penyerahan, jenazah pun diberangkatkan menggunakan ambulan yang diiringi keluarga dan massa.

Dalam prosesi pemberangkatan tersebut, massa berjalan kaki dari kantor Keuskupan ke Katedral Tiga Raja kendati tidak sedikit juga yang menggunakan kendaran roda dua, sementara keluarga menggunakan kendaraan roda empat.

Panas terik matahari tidak menghentikan massa untuk mengantar Jenazah Tom Beanal, di perjalanan ke Katedral jumlah masyarakat terus bertambah, hingga akhirnya tiba di lokasi.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan