Masyarakat Mappi Antusias Ikut Seminar Rohani dan KKR

Seminar rohani yang digelar Pemkab Mappi.
Seminar rohani yang digelar Pemkab Mappi

TIMIKA | Masyarakat Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan antusias mengikuti Seminar Rohani dan Kebangkitan Kebangunan Rohani (KKR), di GOR Qaundary, 23 sampai 25 September 2022.

Kegiatan yang digagas Pemkab Mappi ini menghadirkan Pastor John Bunay, Pr. beserta sejumlah Pastor dan Pendeta di Kabupaten Mappi.

Kegiatan ini mengusung tema Hidup adalah kesempatan untuk mengasihi dan Melayani sebagai saudara.

Ketua Panitia KKR yang juga Sekda Kabupaten Mappi, Mauridsius Kabagaimu menjelaskan, kegiatan doa pemulihan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara umat beragama di Mappi, membangun sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk bersama menciptakan Mappi yang aman, damai dan sejahtera.

“Ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang berada di Kota Kepi serta perwakilan masyarakat dari distrik dan kampung,” kata Mauridsius.

Menurutnya, Minggu 25 September 2022 dilaksanakan upacara adat suku nusantara di Mappi, dan dilanjutkan penanaman salib sebagai simbol pemulihan dilanjut dengan ibadah pemulihan di Gereja Katolik Kristus Raja Kepi.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Mappi, Michael Gomar menyampaikan, selama tiga hari semua masyarakat Mappi berkumpul dalam rangka berdoa bersama kerukunan umat beragama dalam pemulihan dan pencerahan untuk kehidupan seluruh warga masyarakat di Kabupaten Mappi.

Kegiatan ini tidak hanya muncul secara tiba-tiba, tetapi tentu ada pergumulan dari seluruh lapisan masyarakat di daerah ini.

Pergumulan ini disampaikan kepada Pemerintah Daerah dalam forum-forum diskusi baik secara terbuka maupun secara tertutup, sehingga dengan harapan-harapan inilah yang dapat dilaksanakan oleh pemerintah dalam doa bersama kerukunan umat beragama.

Tujuan dari pelaksanaan doa pemulihan ini, tentu untuk mempererat tali persaudaraan antara umat beragama.

“Dengan momentum doa bersama ini akan memulihkan kita semua di daerah ini untuk saling mengasihi dan saling melayani satu dengan yang lain,” tutur Gomar.

Gomar menjelaskan, momentum ini memberikan dampak positif kepada semua masyarakat, tetapi juga kembali pada hati dan pribadi masing-masing.

Dengan kehadiran Pastor John Bunay, Pr. bersama-sama dengan masyarakat dalam kegiatan doa pemulihan kurang lebih tiga hari ini, bisa menjadi komitmen bersama untuk membangun kembali semangat persaudaraan dan tali kasih antara umat beragama.

”Berkat Tuhan dalam kehidupan kita tentunya berbeda-beda, namun berkat yang kita dapat ini boleh menjadi berkat juga kepada sesama kita. Harapannya melalui momentum kegiatan ini, dapat memberikan pertumbuhan dan perkembangan rohani dalam diri kita, supaya bisa saling melayani, mengasihi dan menghargai,” tambah Gomar.

Dalam kesempatan ini lanjut Gomar, atas nama Pemerintah Daerah dan panitia mengucapkan permohonan maaf, apabila dalam pelaksanaan KKR ada kekurangan-kekurangan.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.